10 Foto ini Tunjukan Alat Mencontek di China yang Super Canggih Layaknya Teknologi Mata-Mata di Film

Hotmagz – Aktivitas mencontek memang seringkali terjadi dimanapun, kecurangan ini juga tentu biasa terjadi di negeri kita indonesia. Entah karena malas belajar, tak punya motivasi, atau karena takut tak lulus yang membuat mereka lebih memilih untuk melakukan kecurangan tersebut.
Sehebat-hebatnya cara mencontek di negeri kita pasti akan kalah jauh dengan teknologi mencontek yang satu ini dan terjadi di China. Bahkan demi mengkonfrontir kebiasaan buruk tersebut, pemerintah China sampai mengesahkan Undang Undang tentang hukum pidana bagi para pelajar yang ketahuan mencontek pada tahun yang lalu. Pada aturan itu menyatakan apabila siswa yang terbukti melakukan kecurangan ketika ujian maka akan dikenakan hukuman penjara maksimal hingga tujuh tahun.
Kenapa harus segitunya? ternyata hukuman berat tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini karena beberapa kasus yang berhasil diungkap, ada beberapa pelajar di China yang memakai peralatan canggih seperti mata-mata untuk melakukan kecurangan selama ujian berlangsung. Yang menghebohkan lagi belakangan ini polisi China sukses membongkar sindikat joki ujian yang menyediakan peralatan super canggih tersebut. 
Bahkan ternyata kelompok joki itu sudah meloloskan lebih dari 5.000 ‘klien’. Dilansir dari brilio.net melalui NetEase, Selasa (19/1), terdapat beragam jenis barang bukti yang diketemukan, pada umumnya yaitu peralatan hasil rakitan sendiri. Bukan cuma itu, aksi kecurangan saat ujian ternyata telah marak terjadi di negara China. 

1. Sebuah rangkaian elektronik yang terdiri dari ponsel, dua baterai, dan receiver. Peralatan ini disembunyikan di seragam.



2. Seorang polisi menunjukkan kacamata canggih yang diselipi kamera tersembunyi serta sekeping koin yang berfungsi sebagai receiver.



3. Kamera tersembunyi pada pulpen dan receiver yang disisipkan pada karet penghapus.



4. Beberapa ponsel yang berhasil diamankan pihak kepolisian. Ponsel-ponsel yang terhubung dengan receiver ini dipakai untuk melakukan aksi kecurangan selama ujian.



5. Untuk mengantisipasi aksi kecurangan, pihak penyelenggara ujian memakai piranti yang nggak kalah canggih. Seorang penjaga ujian tampak mengoperasikan alat yang berfungsi untuk memantau aliran sinyal radio di lokasi ujian.



6. Sementara di tempat lain, ada pengawas yang bertugas untuk memantau frekuensi sinyal radio yang mencurigakan di ruang ujian.



7. Tak tanggung-tanggung, pihak kampus sengaja mengerahkan aparat kepolisian lengkap dengan senjata laras panjang untuk mengawal jalannya ujian.



8. Sejumlah siswa mengenakan kaos bertuliskan ‘tidak takut apapun’ saat akan menempuh ujian masuk perguruan tinggi.



9. Aksi ritual para orangtua untuk mendoakan putra-putri mereka sukses menempuh ujian yang super ketat.



10. Barang bukti yang disita polisi. Ini peralatan yang digunakan para joki untuk membantu peserta ujian.
Sumber : https://www.brilio.net/news/alat-mencontek-siswa-di-china-saat-ujian-ini-ngeri-super-canggih-160119u.html
Terima kasih telah membaca artikel tentang alat mata-mata super, film cina menyontek. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *