13 Hal ini Patut Dibanggakan Bangsa Indonesia Dibalik Tragedi Teror di Sarinah

Posted on
Hotmagz – Para netter di Indonesia memang sangat tak diragukan lagi memiliki kehebatan dalam menggerakan solidaritas di negri kita ini. Hal ini terbukti dengan berserakannya tagar atau hashtag di social media yang kemudian menggerakan orang-orang akan rasa solidaritasnya. Terutama di momen seperti peristiwa teror kemarin pada saat sang teroris merasa bahwa pihaknya menang, bangsa Indonesia malah menolah untuk takut dan menyerah bahkan menjadi tegar dan berani menghadapi tragedi ledakan bom di Sarinah kemarin Kamis, 14 Januari 2016.

Seperti kita ketahui ledakan tersebut terjadi kira-kira pukul 10.40 WIB, di wilayah Sarinah, Jakarta Pusat. Bukan cuma ledakan bom saja akan tetapi juga terjadi baku tembak antara pelaku teror dengan aparat keamanan. Akan tetapi bukannya bersedih, masyarakat Indonesia malah memutuskan untuk berani, bersatu menentang terorisme dan bangkit. Ada 13 pelajaran penting di balik tragedi Sarinah ini yang sebenarnya bisa kita banggakan. Dilansir dari IDNtimes.com yang ditulis oleh Xena Levina, berikut ini rangkuman 13 alasan tersebut: 


1. Takut itu pasti, berduka juga tidak bisa dihindari. Namun saudara sebangsa dan setanah air saling menguatkan satu sama lain.

2. Jokowi sudah mengingatkan, kita tidak boleh takut, kita tidak boleh kalah dengan aksi terorisme.

Sumber Gambar: rappler.com
3. Indonesia sudah pernah jatuh terpuruk berkali-kali dan terbukti kita semua masih sanggup bangkit kembali. 

Sumber Gambar: commons.wikimedia.org
4. Ketika ledakan terjadi, semua mata tertuju pada media dan mencari tahu update terakhir mengenai kabar ledakan di kawasan Sarinah. Ada yang merekam kejadian juga dan akhirnya membantu semua orang mengetahui kronologi baku tembak dan ledakan di wilayah Sarinah. 

5. #KamiTidakTakut dan #JakartaBerani menunjukkan semangat masyarakat Indonesia yang pantang menyerah, yang menolak untuk menyerah atas aksi terorisme seperti ini.

6. #SafetyCheckJKT yang membantu seluruh warga Jakarta untuk memastikan daerahnya aman. 

7. Aparat keamanan yang langsung bergerak cepat memburu pelaku agar mereka tidak bisa kabur dan melakukan aksi terorisme lainnya.

Sumber Gambar: viva.co.id
8. Abang yang jualan sate 100 meter dari lokasi serangan teroris saja tetap berjualan dari dua jam lalu dan masih tetap memanggang satenya.

Sumber Gambar: twitter.com/@benidante
9. Bahkan disebutkan masyarakat juga masih tetap memesan sate dari abang itu.

Sumber Gambar: twicsy.com
10. GrabTaxi memberikan layanan tumpangan gratis untuk seluruh area Jakarta. Tujuannya untuk membantu proses evakuasi dan transportasi ke lokasi aman.

11. Seperti yang diunggah oleh pemilik akun Twitter @arbainrambey, seorang pengemudi Go-Jek terlihat menyelamatkan perempuan yang terluka akibat ledakan di wilayah Sarinah.

12. Ada trending mengenai polisi ganteng yang muncul di Twitter. Mata orang Indonesia memang jeli dan hebat!


13. Walau dalam suasana duka atas 26 orang yang menjadi korban dari ledakan Sarinah, namun masyarakat Indonesia berusaha menutup kesedihan tersebut dengan menunjukkan sisi kreativitasnya.

Sumber Gambar: twitter.com/@adeigama

Sumber Gambar: path/Viona Grace
Sudah bukan saatnya lagi bagi kita untuk menghakimi satu sama lain, seharusnya kita harus semakin bersatu demi melawan terorisme dan memberantasnya hingga ke akar-akarnya. Mungkin saja bagi para teroris, serangan di Sarinah ini baru sebuah permulaan. Akan tetapi, merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk bisa menekan pergerakan mereka di Indonesia. Karena kemanusiaan tidak memandang latar belakang, ras, agama serta suku bangsa. Mari kita bersatu untuk Indonesia yang lebih damai dan tenter. (MBW taken from IDNtimes.com article written by Xena Levina)
Sumber : http://www.idntimes.com/xena/11-hal-yang-patut-bikin-kita-bangga-di-balik-tragedi-sarinah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *