Konsumsi Gula Hanya Enam Sendok Per Hari Dapat Kurangi Resiko Obesitas




HOTMAGZ-Penyakit obesitas tidak pernah menurun jumlah korbannya dan menjadi perhatian yang serius bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kini WHO mulai mempublikasikan cara-cara yang dapat dilakukan untuk menekan pertumbuhan angka korban obesitas, yakni dengan memberitahukan maksimal mengonsumsi gula dalam sehari hanya enam sendok dan sangat tidak dianjurkan untuk lebih dari itu.

Mengonsumsi kadar gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan kerusakan pada gigi. Panduan terbaru hingga saat ini terkait dengan penggunaan gula, tidak boleh digunakan lebih dari 10% dari total kalori harian.

Seperti yang dilontarkan WHO, gula adalah yang paling berpengaruh dalam penyebab obesitas. Penyakit ini sudah banyak dialami miliaran orang dari seluruh penjuru dunia terutama di negara berkembang.

Sejak tahun 2002, WHO menyarankan agar konsumsi gula tidak lebih dari 10 persen dari total energi yang masuk dalam seharinya. Bisa dibilang setara dengan enam sendok teh. Panduan terbaru juga menyebutkan agar  gula kurang dari 10 persen dalam seharinya dengan target dibawah 5 persen per hari.

Konsumsi gula harian ini sudah termasuk gula yang dibubuhkan ke dalam makanan, termasuk gula alami yang ada dalam madu, jus buash, sirup, dan konsentrat buah. Tapi menurut beberapa pakar, 10% itu masih angka yang tinggi jika dikaitkan dengan angka obesitas yang terus naik di seluruh dunia.

Aktivis kesehatan di Inggris juga mengatakan, bahwa WHO membutuhkan waktu selama 10 tahun untuk mengubah rekomendasi kesehatan mereka yang berhubungan dengan konsumsi gula merupakan sebuah "tragedi". Mengingat angka obesitas yang terus bertambah dengan mudahnya dibandingkan dengan saran-saran yang dilontarkan oleh WHO dalam kurun waktu tertentu. (dream)
Advertisement