Konsumsi Vitamin Berlebihan Dapat Membahayakan Lho!

HOTMAGZ-Vitamin memang baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah diserang penyakit. Tapi mengkonsumsi dengan dosis yang berlebihan juga ternyata tidak baik lho..

Setidaknya dalam tubuh ada vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang dapat larut didalam air. Vitamin yang dapat larut didalam lemak anak disimpan didalam jaringan lemak tubuh. Sedangkan vitamin yang dapat larut dalam air, tidak akan lama berada dalam tubuh karena nantinya akan segera dikeluarkan bersama urin.

Dibawah ini adalah daftar vitamin yang akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti yang dikutip dari dream.co.id yang bersumber dari Boldsky:

1. Vitamin A dan D
Kedua vitamin ini adalah vitamin dengan jenis yang dapat larut didalam lemak. Ketika vitamin A dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan bayi lahir dengan keadaan yang cacat. Untuk vitamin D masih belum dapat dipastikan, karena dosis yang dikonsumsi setiap orang dapat berbeda-beda.

2. Vitamin B
Ini merupakan vitamin yang dapat larut didalam air, dan jika diminum secara berlebihan dapat mengganggu saraf.

3. Vitamin C
Ini dapat membahayakan jika dipakai dalam jumlah banyak karena dapat menyebabkan mual, diarem batu ginjal, hingga kram perut.

4. Vitamin E dan K
Terlalu banyak meminum vitamin E dapat menyebabkan terjadinya perdarahan. Sedangkan mengonsumsi vitamin K berlebihan justru dapat mengurangi proses obat pengencer darah. Sebagai pengaruhnya, akan terjadi pembekuan darah yang tidak normal. Orang yang sedang menjalankan program diet dan mengkonsumsi kedua jenis vitamin ini justru dapat mengakibatkan penumpukan racun.

Baik bagi tubuh bila mengonsumsi vitamin dengan porsi ya pas ya Sobat Hotmagz..
Advertisement