Sejarah Perkembangan Korek Zippo Dari Dulu Hingga Sekarang

 
HOTMAGZ-Siapa yang tidak tahu merk korek terkenal Zippo? Ya, korek ini sudah dikenal sejak dahulu kala. Pabriknya didirikan pada akhir tahun 1932 oleh George G. Blaisdell.
 
Produk utamanya dipasarkan pada bulan Januari dan Februari 1933, seperti yang dikutip dari danish56.blogspot.com. Produk ini awalnya hanya dipajang di Zippo/Case Visitor Center dengan catatan kecil tulisan tangan Mr. Blaisdell. Inovasi-inovasi dari Zippo sudah dimulai sejak awal berdirinya.
 
 
Bentuk segi empat memang sudah khas dari produk Zippo sejak awal. Namun pada awalnya bentuk sudutnya benar-benar kotak dan sekarang bentuk pada hampir seluruh produk Zippo berubah menjadi sedikit melengkung pada sudutnya. Bahan dasar bagian luarnya terbentuk dari tabung braso kotak yang dilapisi krom. Sedangkan, engsel antara bagian penutup atas dan tabung bawah ada di bagian luar.
 
Pada tahun 1936 letak engselnya menjadi di dalam. Dan setiap tahunnya selalu ada perubahan-perubahan pada bentuknya. Pada tahun 1935 pertama kalinya tayang iklan produk Zippo. Empat tahun kemudian dipasarkanlah produk yang mengandung lapisan emas 14 karat pada bagian luarnya ke publik.
 
Namun braso dan krom yang menjadi bahan dasar pembuatan produk ini sulit didapatkan ketika terjadinya Perang Dunia II. Sehingga saat itu beralihlah ke bahan baja dan dilapisi cat berwarna hitam. Target pasar saat itu kepada toko-toko di kalangan militer. Jadilah korek Zippo ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan ketika Perang Dunia II berlangsung. Seorang wartawan legendaris Ernie Pyle menuliskan bahwa korek api Zippo menjadi suatu tuntutan di medan perang dan itu merupakan hal yang paling dirindukan oleh kalangan tentara.
 
Hampir secara rutin pabrik Zippo menciptakan desain-desain barunya, baik dari segi jenis bahannya pada bagian tabung maupun warna yang dipilih untuk membuat menarik.
 
Inovasi baru dikenalkan lagi pada konsumen yaitu pembungkusnya berbahan dasar kulit dengan warna yang bermacam-macam. Bentuknya juga mulai dirampingkan. Pada tahun 1960, lepisan emas 14 karat berbodi ramping pun mulai diluncurkan.Dan pada tahun 1969, ketika awak astronot dari NASA berhasil mendarat di bulan, maka edisi yang berhubungan dengan angkasa luar ini pun berkembang pesat.
 
Tim suatu cabang olahraga juga dijadikan sebagai desain dari Zippo. Bahkan lambang-lambang organisasi politik juga dibuat menjadi desain beberapa edisi Zippo. Namun desain-desain yang berbeda ini tidak megubah bentuk dasarnya.
 
Korek api terdiri dari dua bagian dengan engsel yang ketika dibuka akan berdenting keras. Desain dasar ini yang menjadikan Zippo salah satu rancangan yang dikatakan bersifat abadi.
Advertisement