Wow, Ikan Ini Berkepala Transparan

 
HOTMAGZ-Pada umumnya setiap ikan memiliki keunikannya masing-masing. Hal yang sangat unik juga terdapat pada ikan yang bernama Barreleye Pasifik ini karena memiliki mata besar yang menyerupai barel dan memiliki lensa hijau yang cantik. Ikan ini dikenal juga dengan sebutan Macropinna microstoma, warna kepalanya tidak mengikuti warna badannya tetapi berwarna transparan dan berisi cairan didalamnya.
 
Seperti yang tercantum pada versesofuniverse.blogspot.com, ikan yang unik ini hidup di kedalaman sekitar 2.000 sampai kedalaman 2.600 kaki. Tidak banyak ikan yang hidup di sana karena sangat dalam letaknya, tetapi ikan Barreleye Pasifik ini hidup disana untuk membantunya agar dapat melihat dengan baik dalam kegelapan.
 
Ketajaman mata Barreleye ini tidak perlu di ragukan lagi, karena ia dapat menangkap cahaya sekecil apapun. Letak mata yang ada di depan kepala dan mengarah kepada titik yang sama membuat penglihatan ikan ini sangat tajam.
 
 
Dengan memiliki mata yang tajam, Barreleye ini dapat melihat benda yang samar yang mungkin tidak dapat dilihat oleh ikan-ikan lainnya. Hal ini membuat ikan unik ini dikenal sebagai predator yang paling menakutkan. Ketika ikan ini mencari mangsa, ia akan tetap diam pada posisinya dengan mata yang mengarah ke atas. Terkadang juga mata diputarkan untuk menghadap ke depan atau mata tetap diam tapi tubuh yang berputar untuk mencari mangsa. Katika bayangan mangsa terlihat, ia akan bergerak dengan cepat ke arah mangsa tersebut. Sirip yang berbentuk horisontal membantu Barreleye dapat berenang dengan arah yang tepat dan tidak melenceng. Karena bentuk siripnya ini, ia dapat merebut mangsa dari makhluk laut lainnya. Mulutnya yang benar-benar kecil juga sangat membantu dan perisai transparan membuatnya kebal terhadap sengatan.
 
 
 
 

Advertisement