Hati-hati, Duduk Terlalu Lama Dapat Beresiko Pada Kesehatan

Ilustrasi Shutterstock
HOTMAGZ- Umumnya, jika Anda yang bekerja di kantor akan selalu duduk di depan layar komputer dan membuat Anda ini jarang untuk berjalan kaki, jika jalanpun paling hanya beberapa langkah. Tapi apakah Anda tahu apa bahayanya jika Anda lebih sering duduk dibandingkan berjalan?

Apalagi duduknya sembari di depan komputer, selain dapat merusak mata, hal ini juga akan mempercepat usia Anda. Jika seseorang terlalu banyak duduk akan mempengaruhi kesehatan seperti naiknya berat badan, osteoporosis, penyakit kardiovaskular dan lain sebagainya, hal ini dilansir dari www.huffingtonpost.com.

Hasil dari sebuah penelitian menyimpulkan bahwa jika seseorang kurang menggerakkan tubuhnya atau hanya duduk saja setiap harinya akan mengakibatkan kepadatan mineral tulang berkurang dengan tidak membentuk tulang baru, hal ini tentu saja akan memicu seseorang untuk mengalami patah tulang atau tulang keropos yang bisasa dikenal dengan sebutan osteoporosis. Duduk dalam jangka waktu yang cukup lama juga akan membuat tekanan darah jadi meningkat dan memperkecil diameter arteri, yang nantinya akan terkait pada timbulnya penyakit jantung.

Yang lebih mencengangkannya lagi datang dari sebuah hasil penelitian besar yang dilakukan di Amerika yang melibatkan lebih dari 100.000 partisipan orang dewasa AS yang duduk dengan waktu lebih dari enam jam dalam satu harinya mempunyai risiko 40% lebih besar akan mengalami kematian di 15 tahun yang akan datang dibandingkan dengan mereka yang hanya duduk selama tiga jam per harinya.

Jadi, jika pekerjaan Anda memang menuntut untuk lebih banyak duduk, imbangi juga dengan berolahraga secara teratur ya Sobat Hotmagz.. Jika perlu, lakukan kira-kira sekitar 10 menit untuk meregangkan otot setiap 3 jam sekali ketika Anda sedang bekerja.
(Vemale)
Advertisement