Ketahui Yuk Bagaimana Cara Kerja Otak Manusia


HOTMAGZ- Pernakah Anda penasaran dengan bagaimana aktivitas-aktivitas yang dilakukan anggota didalam otak ketika Anda sedang berpikir? Saat ini, Anda bisa melihatnya menggunakan sistem baru yang akan memperlihatkan aktivitas yang dilakukan neuron-neuron didalam otak secara langsung.

Glass Brain, itulah nama alat yang digunakan. Teknologi ini dikembangkan oleh neuroscientist Adam Gazzaley dan Philip Rosedale, pencipta game Second Life, seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com.

Glass Brain menyatukan virtual reality, cara kerja otak dan rekaman otak yang dapat membantu penggunanya melihat aktivitas apa saja yang ada dalam otak mereka.

Teknologi ini belum lama dirilis di  Southwest festival, Austin, dimana orang-orang diperbolehkan untuk melihat ke dalam pikiran istri Mr Rosedale, Yvette.


Disana, Mrs Rosedale ditutup kepalanya menggunakan penutup yang dipasang elektroda-elektroda electroencephalogram (EEG) yang dapat melihat ukuran  perbedaan potensial listrik untuk merekam aktivitas otak.

Sebelum itu, Mrs Rosedale sudah dipetakan dulu struktur otaknya menggunakan magnetic resonance imaging (MRI).

Glass brain memang tidak memperlihatkan pengguna sedang memikirkan apa, namun dapat menggambarkan aktivitas otak secara keseluruhan.

Dibawah ini ada video rekaman yang diambil oleh Neuroscape Lab di University of California di San Francisco.



Warna-warna yang tidak sama, mewakili frekuensi yang tentunya juga berbeda dari energi listrik yang ada di otak, serta jalan alur yang menjadi tempat untuk energi bergerak. Daerah putih adalah serat anatomikal. Teknologi ini dapat digunakan untuk membantu orang yang mengalami cedera otak membuat penyembuhannya dapat lebih cepat.
(terselubung)
Advertisement