Penyakit Juga Bisa Datang Karena Berjabat Tangan Dengan Seseorang Lho!



HOTMAGZ- Ketika bertemu dengan orang lain, biasanya seseorang akan berjabat tangan. Ini adalah hal yang biasa, dan sepertinya sudah menjadi budaya bagi orang-orang Indonesia.

Tapi menurut sebuah penelitian yang dilaporkan pada dailymail.co.uk, hendaknya seseorang berhati-hati jika sedang melakukan budaya sederhana ini. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan di University of Texas at Austin ini mengingatkan Anda kembali bahwa dengan adanya tangan yang bersentuhan, disitu juga para bakteri, kuman, virus akan menular.

"Anda tidak akan pernah tahu bakteri atau virus penyakit apa yang terkandung di tangan seseorang. Anda juga tidak mengetahui benda apa saja yang mereka pegang. Kemungkinan akan menularnya virus penyakit sangat tinggi," ujar Sheril Kirshenbaum, peneliti dan juga penulis buku The Science of Kissing.

Selain itu, Kirshenbaum juga mengatakan bahwa ada yang lebih sehat dibandingkan dengan berjabat tangan, yakni berciuman. Banyak orang yang berpikiran bahwa berciuman akan menularkan banyak bakteri, ternyata teori seperti itu dapat dikatakan salah. "Saat berciuman memang terjadi penularan bakteri, namun hal ini akan memicu naiknya sistem kekebalan tubuh manusia secara alami. Tidak seperti berjabat tangan yang lebih berbahaya daripada berciuman."

Kebiasaan berjabat tangan ini memang tidak bisa dihindari. Jadi, cara satu-satunya agar tidak mudah terkena penyakit adalah tetap jaga dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan terus mengonsumsi makanan yang sehat.
(Merdeka)
Advertisement