Siberia Kembali Dikejutkan Dengan Kemunculan Lubang Besar Misterius




HOTMAGZ- Warga Siberia lagi-lagi dilanda kebingungan. Pasalnya, lubang besar yang tidak jelas asal-usulnya itu kembali muncul di Siberia. Keberadaan lubang ini ada dekat dengan tambang garam kalium yang paling besar di dunia. Diketahui lubang misterius ini memiliki diameter yang cukup besar yaitu mencapai 30 m setelah sebelumnya terjadi banjir besar di dekat kawasan tambang tersebut.

Cerita serupa sudah ada kesekian kalinya dengan kawasan yang sama. Sebelumnya juga pernah terjadi di Yamal atau ‘ujung dunia’.

Seperti yang dilansir oleh kembangpete.com, warga mengaku pernah melihat malaikat dan juga rudal terjatuh di dekat lubang itu. Untuk mencegah adanya kecelakaan, ribuan karyawan tambang disarankan untuk tidak mendekati lubang tersebut. Dan akan segera dilakukan penelitian oleh ahli geologi tentang kemunculan dari lubang tersebut.

Menurut sebuah teori, ketika terjadinya gempa pada 20 tahun silam mengakibatkan struktur batuan dasar yang berada di area sekitar tambang itu menjadi lemah. Sehingga batuan dasar tersebut menjadi tidak stabil.

Tidak ditemukan seorang pun yang tinggal didekat area tersebut meninggal ataupun terluka. Para ahli telah menyatakan bahwa rumah para warga aman dari berbagai ancaman. Tapi, kemunculan lubang misterius ini cukup membuat warga menjadi panik bahkan sejumlah warga juga cepat-cepat menjual rumah mereka.

Salah seorang warga mengatakan, “Orang-orang tidak tidur selama tiga hari, menunggu (munculnya) lubang baru.”

Adapula komentar lainnya, “Untungnya rumah-rumah dikosongkan ketika hal tersebut terjadi. Rumah-rumah terdekat tempat orang tinggal hanya berjarak dua kilometer dari lokasi.”

Sepertinya tambang yang dimiliki oleh produsen kalium nomor satu di dunia itu tidak dapat dipastikan nasib ke depannya bagaimana. Diyakini juga tambang ini memiliki banyak cadangan kalium yaitu mencapai 150 juta ton. Namun, keberadaannya terancam punah jika keadaan batu yang ada di sekelilingnya tidak bisa dipastikan.

Konon, penyebab kemunculan lubang besar ini berbeda dengan yang sebelumnya pernah muncul juga di kawasan yang lebih utara pada awal tahun silam. Biasanya, kemunculan lubang di Siberia terjadi di daerah permafrost di mana tanah beku yang mencair melepaskan gas yang terperangkap, menyebabkan ledakan gas yang dapat menimbulkan lubang raksasa.
(terselubung)
Advertisement