4 Makanan Yang Dapat Membunuh Penikmatnya




HOTMAGZ- Lidah pastinya membutuhkan makanan yang lezat. Tapi ternyata, apa yang lezat di lidah belum tentu sehat bagi tubuh. Begitu juga dengan beberapa menu makanan lezat berikut ini. Karena berbagai faktor, diketahui makanan-makanan ini dapat mengakibatkan sakit pada si penyantap. Bahkan ini dapat membunuh mereka yang memakannya. Penasaran apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut adalah ulasannya.

1. Ikan Fugu
Hidangan ikan fugu ini diketahui dapat membunuh si penikmatnya jika tidak diolah dengan benar. Hidangan asal Jepang ini telah dijual di lebih dari 3.800 restoran fugu yang ada di Jepang. Untuk menjadi koki yang dapat mengolah ikan fugu dengan tepat, mereka harus mengikuti pelatihan keras dahulu selama beberapa tahun. Bahkan, hanya para koki yang bersertifikasi yang diperbolehkan untuk menyajikan menu ikan fugu ini.

2. Casu Marzu
Hidangan tradisi orang Sardinia, Italia, ini memang dikenal dengan kelezatannya tapi agak menjijikan dan ternyata juga dapat membunuh sang penyantapnya. Bahan dasar Casu Marzu terbuat dari keju. Keju yang digunakan akan ditaruh dengan bebas di luaran tanpa pelindung apapun, dan membiarkan lalat bertelur di sela-sela lubangnya. Setelah itu, telur akan berkembang menjadi belatung yang kemudian akan menghabiskan keju tersebut. Dan proses itulah yang disebut dengan fermentasi. Jika dikonsumsi, larva akan lahir melalui dinding-dinding usus manusia. Oleh karena itu, makanan ini akan mengakibatkan seseorang menderita sakit yang parah. Di Eropa, Casu Marzu sangat tidak diperbolehkan untuk dijual, tapi di pasar gelap tetap saja ada yang menjual.

3. Hakarl
Menu makanan berbahaya yang ketiga adalah Hakarl. Hakarl adalah jenis hiu yang hidup di Greenland. Jenis hiu yang satu ini tidak mempunyai saluran kemih dan sangat beracun. Menu tradisional ala Islandia ini harus di fermentasi dan hiu tersebut digantung selama enam bulan agar zat berancun yang ada di dalamnya dapat keluar.

4. Ackee
Dan inilah menu terakhir yang diyakini dapat membunuh si penikmatnya, yakni ackee. Ackee adalah jenis buah yang berasal dari Jamaika dan sebelumnya berasal dari Afrika bagian barat. Jika buah ini dimakan ketika sudah masak, buah ini akan membuat seseorang yang memakannya mengalami muntah Jamaika yang membuat penikmatnya mengalami koma atau bahkan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh kandungan racun bernama hypoglycin yang terkandung di dalam biji hitamnya.
(SegiEmpat)
Advertisement