Garam Sebabkan Kematian Pada Sel Kanker

 
Ilustrasi sel kanker. ©2012 Shutterstock/Juan Gaertner
HOTMAGZ - Kanker sampai sekarang masih menjadi penyakit yang paling ditakuti karena mematikan. Dan sampai sekarang banyak cara-cara yang dilakukan untuk mencegah sel kanker dan membunuhnya. Dari perawatan medis sampai obat-obatan herbal.

Namun sebuah penelitian berhasil  membuat sel kanker untuk bunuh diri. Yaitu dengan menyuntikan garam pada sel kanker. Peneliti yang berasal dari University of Southampton termasuk dalam bagian tim internasional yang membuat molekul dan meyebabkan sel kanker bunuh diri dengan sendirinya dengan menggunakan sodium dan ion chloride dalam sel.

NZ Herald (15/08) melansirkan, bahwa ion sintetis yang dibuat untuk pertama kalinya akan dilakukan uji coba pada sel kanker. Peneliti mendemonstrasikan bahwa hal tersebut menyebabkan kematian pada sel kanker.

" Penelitian menunjukan bahwa suntikan chlorine pada sel kanker akan menyebabkan kematian pada sel kanker tersebut." Ujar Phillip Gale.

Sel yang berada dalam tubuh manusia berusaha keras untuk menjaga kestabilan konsenterasi ion didalam membran sel. Perubahan terhadap keseimbangan tersebut akan menyebabkan sel mengalami kondisi apoptosis yang membuat sel melakukan bunuh diri.

Sayangnya ketika sel berubah menjadi sel kanker, cara kerja ion pada sel tersebut pun berubah yang menyebabkan sel tidak dapat bunuh diri. Karena itu para peneliti membuat apoptosis buatan dengan cara menyuntikan garam pada sel kanker. Penemuan ini sangat berguna karena akan bisa dikembangkan untuk menciptakan obat anti kanker. (Merdeka)
Advertisement