Hati-Hati, Obat Tanpa Resep Dokter Dapat Membahayakan Tubuh

 
Ilustrasi
 HOTMAGZ- Banyak orang sakit malas untuk memeriksakan diri ke dokter. Dan karena itu, seringkali orang memilih meminum obat warung yang tanpa resep dokter.

Seperti jika mengalami demam dan pilek, orang meminum paracetamol. Jika pusing, minum penghilang sakit atau pereda nyeri. Dan itulah kebiasaan-kebiasaan negatif yang banyak dilakukan sebagian orang ketika sakit. Tapi, tahukah Anda jika kebiasaan ini berjangka panjang, dapat membahayakan tubuh. Karena meminum obat tanpa resep dokter, bisa saja kadar yang ada di dalamnya tidak pas untuk tubuh. Oleh sebab itu, Anda bisa menghentikan kebiasaan tersebut dari sekarang. Berikut ada beberapa alasan mengapa kebiasaan tersebut harus segera dihentikan, seperti yang dilansir fda.gov.

1. Dosis yang tidak pas

Setiap produk obat pasti tercantum keterangan kandungan didalamnya. Tapi, jika tidak tahu pasti tubuh Anda membutuhkan dosis berapa, bisa jadi Anda malah mengalami over-dosis, dan juga gejala-gejala yang lainnya.

2. Kecanduan Obat

Jika seseorang mengalami sakit ringan tapi terus dicegah dengan meminum obat, seringkali Anda akan menjadi kecanduan pada obat tersebut. Ini sangat membahayakan tubuh jika penyakit seringan apapun Anda tetap meminum obat. Karena, tubuh bisa aja tidak merespon suatu penyakit nantinya.

3. Berbahaya Untuk Wanita Hamil

Untuk para wanita yang sedang mengandung, sebaiknya hindarkan diri dari segala macam obat-obatan. Jika mengalami sesuatu yang salah pada tubuh, bisa konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan.

4. Keracunan

Multivitamin biasanya sering dikonsumsi dengan tanpa resep dokter, dan ini ternyata sangat membahayakan. Karena beberapa produk multivitamin dapat mengakibatkan seseorang mengalami keracunan. Jadi, lebih baik menjaga daya tahan tubuh dengan makanan yang sehat.

5. Obat Palsu

Karena dijualnya di sembarang tempat, bisa jadi obat yang Anda beli adalah produk yang palsu dan terkontaminasi. Zat aktif yang salah, dengan jumlah yang salah bisa mengakibatkan hal yang fatal. Apalagi dengan kemasan palsu yang terlihat asli.

Kesehatan hal yang sangat penting untuk manusia, maka dari itu jagalah dengan baik kesehatan Anda. Jika mengalami suatu masalah, alangkah baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter dan tidak sembarangan meminum obat ya. Salah-salah bukannya menjadi sembuh, Anda malah tambah parah sakitnya jika meminum sembarang obat.
(Vemale)
Advertisement