Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini Pada Smartphone Anda




HOTMAGZ- Mempunyai smartphone baru memang sangat menyenangkan, tapi jangan lupa juga untuk merawatnya ya. Banyak juga pengguna yang belum menguasai apa saja yang sebenarnya dibutuhkan smartphone mereka.

Dan jika pengguna sering melakukan hal-hal yang dapat merugikan, bisa jadi smartphone Anda akan cepat rusak dan data yang ada di dalamnya juga hilang. Bahkan, pada beberapa kasus mereka secara tidak sengaja mempermudah tangan-tangan jahil untuk mencuri file-file penting dari smartphone. Misalnya foto-foto selfie, dan data penting perusahaan.

Untuk menghindari kejadian-kejadian tersebut, Anda bisa menghindari 5 hal ini agar smartphone Anda terus dalam keadaan yang baik ya, seperti yang dilansir oleh merdeka.com.

1. Menyimpan semua data secara online

Melakukan penyimpanan data di Google Drive, OneDrive, dan Dropbox memang dirasa akan menyenangkan karena tidak akan menghabiskan space dalam memori smartphone.

Tapi, sebaiknya Anda bisa menghindari hal tersebut. Karena, jika suatu hari terjadi masalah pada penyedia layanan cloud (yang semakin marak terjadi), data-data Anda yang akan dijadikan taruhannya dan bisa jadi data-data penting milik Anda akan lenyap ataupun dicuri.

Banyak juga para pakar internet yang merekomendasikan penyimpanan data penting juga dilakukan di dalam smartphone selain menyimpannya pada cloud.

2. Tidak menggunakan screen-protector

Jangan berpikir jika smartphone Anda memiliki layar Gorilla Glass jadi tidak perlu menggunakan screen-protector atau screen-guard. Gorilla Glass memang kuat, tapi yang namanya kaca jika terus mengalami benturan yang berulang-ulang dengan benda yang tajam, tetap saja akhirnya akan tergores juga. Dan parahnya, jika harus dilakukan penggantian lapisan kaca Gorilla Glass Anda akan dituntut untuk mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Karena itu, daripada harus mengeluarkan duit yang lebih alangkah baiknya jika mengantisipasinya duluan dengan memasangkan screen-guard pada layar smartphone Anda. Untuk lebih aman lagi, Anda bisa pilih screen-guard jenis 'tempered-glass' yang diklaim tahan goresan dan mampu melindungi smartphone saat jatuh dari ketinggian.

3. Menginstal aplikasi bukan dari Google Play

Memang sangat banyak aplikasi menarik yang berada di luar Google Play. Tapi pasti Google memiliki alasan tersendiri mengapa aplikasi-aplikasi tersebut tidak dipasangkan di toko aplikasi mereka.

Salah satu alasannya adalah aplikasi tersebut tidak memenuhi standar yang diberikan Google atau dapat berbahaya bagi pengguna. Karena itulah tetap gunakan aplikasi yang berasal dari Google Play agar smartphone tidak mudah rusak dan tetap aman.

4. Tidak memasang password

Smartphone biasanya tempat pengguna untuk menyimpan data-data pentingnya. Adalah sebuah kesalahan yang fatal jika tidak memasangkan password pada kunci layar awal smartphone.

Banyak para pengguna yang tidak perduli dengan hal yang satu ini. Salah satu akibatnya seperti bisa saja ada orang jahil yang membajak akun sosial media milik Anda. Jadi, mulailah biasakan diri dengan menggunakan password pada gadget Anda. Selain berguna untuk keamanan, hal ini juga dapat menghindari adanya masalah besar saat smartphone tiba-tiba hilang atau dicuri.

5. Menyepelekan update aplikasi dan backup data

Hal yang satu ini seringkali membuat para pengguna smartphone Android menyesal karena mereka tidak pernah mengupdate aplikasi dan lupa mem-backup atau mencadangkan ulang data di dalam smartphone.

Tidak mengupdate aplikasi berarti Anda menolak adanya perbaikan atau penambahan fitur yang ditambahkan oleh si pengembang aplikasi. Agar kuota paket data Anda tidak cepat habis, sebaiknya Anda melakukan update aplikasi saat menggunakan akses Wi-Fi yang tersedia.

Di sisi lain, tidak mem-backup data juga meningkatkan potensi Anda kehilangan data smartphone secara permanen. Tentu Anda tidak mau semua foto, file, atau data permainan di smartphone Android hilang tak berbekas saat tiba-tiba terjadi kesalahan sistem atau smartphone rusak.
(Merdeka)
Advertisement