Kokoro Scanner, Alat yang Dapat Mendeteksi Kebohongan




HOTMAGZ- Kecanggihan teknologi yang ada semakin banyak bermunculan alat-alat teknologi dengan berbagai fungsi dan kegunaannya. Dari Ponsel pintar, kacamata pintar, gelang pintar hingga alat pintar lainnya yang dapat membantu manusia dalam kegiatan sehari-harinya.

Tidak hanya perangkat yang digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari saja, bahkan alat canggih lainnya muncul di jaman yang sudah serba teknologi ini. Seperti alat yang satu ini, yakni alat pendeteksi kebohongan. Alat ini memang diciptakan untuk mengetahui apakah seseorang yang ada di depan kita dia berbohong atau tidak.

Perusahaan asal Jepang yang mengembangkan perangkat ini. Didesain dengan bentuk yang ramping dan sangat mudah untuk dipakai, ini yang membuatnya menjadi populer karena lebih simple daripada alat pendeteksi kebohongan yang lainnya yang sebelumnya sudah pernah beredar.

Dinamai Kokoro Scanner, gadget ini dibuat mudah untuk digunakan seperti orang yang sedang menggunakan topi di kepalanya. Jika dilihat, bentuknya menyerupai headset dengan ada tambahan sebuah bulatan pada bagian depan wajah si pemakai.

Seperti yang dilansir Daily Mail, Senin (8/12/2014), seseorang akan diuji kebohongannya dengan diberi pertanyaan sebanyak 15 yang sudah ditentukan pada sistem gadget tersebut.

Dalam proses analisanya, alat ini akan mengecek denyut jantung, tekanan darah maupun cara orang tersebut mengambil nafas. Lalu, akan ada nyala dari lampu indikator yang dipasangkan pada alat tersebut dan akan memberitahukan bahwa orang tersebut berhohong atau tidak.

Ada tiga indikator pada Kokoro Scanner, yakni berwarna hijau ketika orang yang diuji tidak berbohong. Indikator berwarna kuning menunjukkan kemungkinan seseorang sedang berbohong serta warna merah yang menunjukkan orang itu sedang berbohong.

Untuk Anda yang ingin mempunyai alat ini, cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 600 ribu saja. Tapi, masih belum ada pemberitaan yang jelas kapan produk ini disebar luaskan ke pasar.
(Liputan6)
Advertisement