Sejarah Kondom


HOTMAGZ- Penggunaan kondom disinyalir sudah digunakan sejak zaman dulu. Buktinya, terdapat lukisan yang bergambarkan kondom di gua-gua Perancis dan diperkirakan usianya sudah 12.000-15.000 tahun. Dalam tulisan hieroglif Mesir yang berusia 3.000 tahun juga ditemukan adanya lukisan kondom kuno.

Jika pada zaman dulu tidak diketahui apa gunanya dari kondom, bisa jadi untuk pencegahan kehamilan atau bisa juga yang lainnya. Tapi itulah sebagai bukti jika orang-orang dulu pun sudah menggunakan kondom.


Pada tahun 1500-an, cangkang kura-kura dan tanduk hewan dijadikan sebagai kondom oleh orang Jepang. Bahan lainnya yang digunakan adalah kertas, usus hewan yang diberi minyak, dan juga kandung kemih.

Seorang ilmuwan asal Italia bernama Gabriele Falloppio membuat linen dengan tujuan untuk memerangi epidemi sifilis. Kondom tersebut diikatkan menggunakan tali tipis yang berwarna merah muda agar wanita yang melihatnya menjadi tertarik.

Pada abad ke-17, kondom sudah mulai digunakan oleh orang-orang. Para peneliti melakukan penelitian di situs Kastil Dudley di Inggris mendapatkan kondom dari dalam wc pada abad pertengahan. Dan kebanyakan dari kondom-kondom tersebut berbahan dasar ikan dan usus hewan. Diduga kondom tersebut sudah dipakai tahun 1646.

Selama beratus-ratus tahun kondom yang terbuat dari bahan hewani digunakan. Akhirnya hingga pada tahun 1839, ditemukan kondom berbahan dasar karet. Dan sejak itulah mulai diproduksi.

Awalnya, kondom karet ini memiliki tekstur yang sangat tebal dan kasar dan bagian yang ditutupi hanya ujung penis. Dan saat itu, konsumen bisa kustomisasi terhadap pembuatan kondom yang disesuaikan dengan ukuran penis si pemakai. Dan penggunaan dari kondom ini juga bisa beberapa kali dengan dicuci terlebih dahulu.

Frederick Killian pada tahun 1919 menemukan kondom lateks. Bedana, kondom ini lebih tipis dan tahan lama dan katanya juga memiliki tekstur yang lebih nyaman. Pada tahun 90-an, akhirnya perusahaan Durex mempublikasikan kondom rasa.

Namun saat ini produksi kondom dijalankan di bawah pengawasan ketat dan rangkaian uji coba yang panjang. Tidak ada lagi pengujian masing-masing kondom dengan cara manual, melainkan memakai mesin. Caranya dengan diisikan air untuk menguji ketahanannya dan menempelkannya selang udara untuk dicek ketahanannya. Bahkan kondom diuji dengan dipanggang dalam oven untuk mensimulasikan proses penuaan pada kondom.

Sudah tahu sejarah perkembangan dari kondom bukan? Kondom ini dapat benar-benar aman jika digunakan dengan benar. Kondom juga akan membuat Anda lebih aman dari penyakit seksual.
(Liputan6)
Advertisement