Smartphone Cepat Panas? Atasi Dengan Ini!

Ilustrasi
HOTMAGZ- Smartphone dapat dikatakan sebagai sebuah komputer tapi dalam versi mininya. Atau dengan kata lain, smartphone sama rentannya terhadap overheating seperti laptop dan desktop.

Tentu saja Anda tidak ingin jika smartphone Anda mengalami overheating. Karena hal tersebut dapat menyebabkan baterai menjadi rusak, bahkan ponsel bisa terbakar. Kasus  kebakaran baterai ponsel dan laptop ini sudah sering terjadi.

Tidak ada beda dengan yang lainnya, ponsel harus tetap pada suhu tertentu agar tidak mengalami masalah. Berikut ada beberapa langkah sederhana yang mungkin dapat Anda lakukan, seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

1. Menutup aplikasi yang tidak digunakan

Secara tidak disadari, biasanya masih banyak aplikasi yang tidak digunakan terbuka. Jika banyak aplikasi yang dijalankan dalam waktu yang bersamaan, ini akan membuat ponsel Anda akan semakin cepat panas. Hal ini dapat menghindari overheating dan juga dapat menghemat baterai.

2. Hindarkan dari suhu panas tinggi

Jangan letakan ponsel Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung, seperti di dasbor mobil. Karena ini dapat membuat handphone menjadi overheating.

3. Jauhkan dari perubahan suhu yang drastis


Jika sudah terlihat adanya tanda-tanda overheating, sebaiknya taruhlah ponsel pada area yang memiliki suhu dingin agar suhu panas didalamnya turun. Matikan juga ponselnya agar baterai lebih dingin.

Area dingin bukan berarti lemari es ya, karena jika diletakkan didalam sana justru membuat ponsel Anda rusak. Perubahan suhu drastis dari panas ke dingin justru akan memperlambat pelepasan energi dan memperlama proses pemanasan.

4. Suhu tubuh dapat berpindah ke ponsel


Jangan letakan ponsel di kantong celana, karena suhu panas tubuh dapat berpindah ke ponsel Anda. Jadi, lebih baik letakan smartphone di dalam tas. Dan bisa jadi ponsel ditaruh dalam saku juga membuat layar ponsel tergores.

5. Gadget jangan ditumpuk

Jangan coba-coba untuk menumpuk dua ponsel Anda dan memasukannya ke dalam kantong. Karena suhu panas dari ponsel yang satu, dapat ditularkan ke ponsel yang lainnya karena tidak adanya sirkulasi udara dalam kantong. Jadi alangkah baiknya jika ponsel Anda dipisahkan ya..
(Liputan6)
Advertisement