Apa Yang Terjadi Jika Lensa Kontak Terus Dipakai Selama 6 Bulan? Ini Jawabannya

Ilustrasi penggunaan softlens
HOTMAGZ- Seperti yang sudah umum diketahui, lensa kontak sangat tidak dianjurkan digunakan dalam waktu yang lama. Setelah 1 hari lamanya, lensa kontak harus dilepaskan dari mata dan dicuci menggunakan cairan pembersih khusus agar racun yang menempel dapat dibasmi. Setelah itu, bisa dipakai kembali pada keesokan harinya.

Jangan sampai apa yang dialami mahasiswi ini akan dialami juga oleh Anda. Lian Kao menggunakan lensa kontaknya sampai enam bulan lamanya tanpa dilepas. Akibatnya, kini ia mengalami kebutaan.

Penggunaan lensa kontak selama enam bulan akan mengakibatkan mata menghasilkan bakteri, sehingga mata sulit untuk mendapatkan oksigen.

Mata yang memerah akibat lensa kontak
Acanthamoeba merupakan mikroorganisme dari genus amoeba yang tidak membahayakan manusia, namun karena dalam jangka waktu yang lama, lensa kontak yang digunakan Lian menjadi sarang bagi amuba ini. Dokter yang memeriksanya juga mengatakan jika amuba yang ada dalam matanya sudah menggerogoti permukaan matanya.

Awalnya, mata merah yang dialami Lian hanya diduga karena iritasi saat berenang. Namun, lama-lama terlihat ada nanah pada matanya. Saat itulah baru ditemukan jika amuba tersebut ternyata telah berkembang dan pindah ke kornea.
Mata yang bernanah dan menjadi buta
Sejak saat itulah matanya mengalami kebutaan total. Memang amuba ini terkadang membuat mata menjadi sakit, tapi kebanyakan dari mereka mengacuhkan rasa sakit ini. Hingga pada siklus akhirlah mata benar-benar merasakan sakitnya hingga memerah. Namun saat itu juga sudah terlambat jika Lian baru akan memulai pengobatan.

Dalam beberapa transplatasi kornea memang bisa menyembuhkan masalah ini. Namun, tidak jarang juga para penderita mengalami kebutaan karena amuba ini telat dimusnahkan.

Jadi, tidak salah jika Anda menggunakan lensa kontak. Tapi, tetap perhatikan kebersihan mata Anda agar tidak terjadi hal yang serupa ya..
(Cerpen)
Advertisement