Pernikahan Sesama Jenis Kini Resmi di Amerika

Sumber : VOAindonesia


Hotmagz - Pada tanggal 26 Juni 2015 kemarin terjadi perubahan mendasar dalam salah satu tatanan konstitusi negara Amerika Serikat. Sesudah melalui proses yang panjang selama bertahun-tahun, golongan gay serta lesbian di negara itu memperoleh hak mereka untuk bisa menikah dengan sesama jenis di Amerika.

Negara yang dipimpin presiden Barack Obama ini juga sebenarnya terbagi menjadi dua kubu. Mulai dari beberapa negara bagian satu persatu mulai melegalkan pernikahan sesama jenis diawali dari Massachusetts pada th. 2003 silam. Sejumlah 36 Negara bagian lain juga menyusul pada akhirnya ikut melegalkan pernikahan sesama jenis itu sepanjang kurun waktu 12 tahun berikutnya. 

Disamping itu di negara bagian lain, proses legalitas pernikahan sesama jenis di Amerika cukup susah diberlakukan di negara bagian yang lebih ortodox seperti Kansas, Missouri serta Alabama. Tetapi pada tanggal 26 Juni 2015, seluruhnya kini ikut berubah. 


Mahkamah Agung Amerika Serikat pun akhirnya memutuskan, 14 negara bagian yang pada awal mulanya belum mau melegalkan pernikahan sesama jenis mesti mulai memberlakukan hak-hak untuk pasangan gay serta lesbian. 5 Orang hakim yang cukup liberal yakni Anthony M. Kennedy, Bader Ginsburg, Stephen G. Breyer, Sonia Sotomayor serta Elena Kagan mensupport putusan itu. 

Disamping itu empat hakim lain yang lebih konservatif yakni John G. Roberts Jr, Antonin Scalia, Clarence Thomas serta Samuel A. Alito Jr pernah menampik putusan serta mempunyai opini yang tidak sama. Tetapi lantaran perbandingan 5 : 4 dalam putusan itu, jadi akhirnya gay marriage juga dilegalkan di semua Amerika. 

Lewat putusan ini Amerika menjadi Negara ke-21 yang telah melegalkan perkawinan sesama jenis di seluruh dunia. Amerika menyusul tergabung dengan Belanda, Argentina, Belgia, Brazil, Canada, Perancis serta sebagian negara yang lain. 

" Dibawah Konstitusi, pasangan sesama jenis memperoleh hak legal untuk menikah sama dengan pasangan lawan jenis. Pernikahan ini akan tidak merendahkan pilihan pasangan sesama jenis, serta akan menyingkirkan hak mereka bila ada yang menyanggah hak itu tak ada, " tulis hakim Kennedy dalam putusannya tersebut.

Sumber : http://www.kapanlagi.com/showbiz/hollywood/resmi-pernikahan-sesama-jenis-legal-di-seluruh-amerika-ec6e68.html
Advertisement