Tokoh Wiro Sableng "Ken Ken" Dulu Artis Ngetop Sekarang Nyaman Jadi Petani

Ken Ken Wiro Sableng. ©2015 Merdeka.com/Dede Rosyadi

Hotmagz - Kalau anda hidup di era 90 an, pasti sangat ingat dengan serial Wiro Sableng yang terkenal dengan gaya selengehan dan juga kampak Naga Geni 212 miliknya.

Pemeran tokoh Wiro Sableng tersebut adalah Ken Ken yang merupakan salah satu aktor laga ngetop pada era 90an dulu, lalu bagaiman kabarnya sekarang?

Dilansir dari situs merdeka.com, Rabu (1/7) pada saat Ken Ken pemeran Wiro Sableng dijumpai wartawan ternyata dirinya sudah beralih profesi. Saat ini Ken Ken menjalani profesi sebagai seorang petani sayur mayur di sebuah dusun terpencil di kawasan Cimande, Caringin, Bogor.

Pada saat pertama kali berjumpa tokoh Ken Ken yang dulu adalah artis laga top ini hampir tidak bisa dikenali lantaran menggunakan pakaian yang biasa saja seperti petani sayur pada umumnya. Mukanya juga tampak sudah mulai menua tubuhnya pun tampak lebih tambun di usianya yang sekarang sudah menginjak 45 tahun.

Sepertinya sekarang tampang artisnya sudah tak kelihatan, ditambah lagi sekarang Ken Ken memiliki kumis, sontak saja sekilas akan sulit mengenali kalau ternyata dia adalah seorang pemeran Wiro Sableng.

aat masih terkenal dahulu, dia dengan mudahnya mendapatkan harta dan kepopuleran. Rumah, mobil dan berbagai harta lainnya dengan mudahnya didapatkan. Ken Ken kala itu mampu membeli rumah mewah di kawasan Duren Sawit, Jakarta dan 4 buah mobil salah satunya berjenis hardtop.

Sekarang Ken Ken adalah seorang petani sayur mayur di sebuah dusun terpencil di Cimande, Caringin, Bogor. Kehidupannya jauh dari hingar bingar entertainment. Wajah artis sudah tak terlihat. Apalagi sekarang Ken Ken memelihara kumis, praktis sekilas sulit mengenali kalau dia adalah seorang Wiro Sableng.

Dulu Ken Ken mudah mendapatkan uang sehingga ia jadi gemar hura-hura dan akhirnya malah jatuh ke jurang narkoba yang menghancurkan hidupnya.

“Dulu, waktu saya masih berjaya jadi artis uang bagi saya tidak ada artinya. Sesuka saya menggunakan uang salah satunya untuk beli narkoba,”

Dia mengaku terjerumus karena ajakan seorang sahabatnya untuk mencoba barang haram tersebut di sebuah tempat hiburan malam. Dari coba coba akhirnya Ken Ken menjadi ketagihan dan tenggelam.

“Saya sangat menyesal. Kenapa saya jadi seperti ini?”

Ken Ken yang saat itu berada di puncak kariernya mulai hancur secara perlahan. Harta kekayaannya habis untuk membeli barang haram tersebut, sampai akhirnya Ken Ken tertangkap menggunakan narkoba.

Narkoba memang sangat kejam, perekonomian Ken Ken terpuruk dari mobil mewah ke bus, itu pun harus mengutang karena tidak ada uang sepeserpun.

“Hidup saya sudah tidak punya apa-apa, sewaktu ketika saya naik bus harus pinjam uang, karena saya sudah tidak memiliki uang sepeser pun,”

Saat ini setiap hari Ken Ken pergi ke kebun. Ia menanam cabai dan sayur mayur. Hasil panennya digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Selain bertani Ken juga menjual pupuk kepada petani lainnya. Hampir tak tampak sisa popularitas dan hidup mewah layaknya, mungkin karena kehidupannya dihabiskan dengan bercocok tanam. "Saya lebih menikmati sebagai petani dan back to nature (balik ke alam) hidup seadanya, belum kepikiran untuk 'turun gunung' main film lagi," ujar Ken.

Walaupun ia tinggal di desa juga di rumah sangat sederhana, dirinya mengaku sudah bahagia. "Tenang di sini," katanya.

Ken memiliki nama lengkap Herning Sukendro yang biasa dipanggil Ken Ken. Dia lahir di kota Madiun, pria ini mengalami puncak karir saat mendapat peran utama sebagai tokoh Wiro Sableng pada tahun 1995.

Dirinya merupakan anggota dari perkumpulan silat Setia Hati Teratai, dia juga sudah pernah berperan di banyak film layar lebar seperti di antaranya film Prabu Anglingdarma pada tahun 1990. Ken Ken juga pernah main sinetron di beberapa peran pembantu sebelum namanya melejit terkenal sebagai peran utama yakni Pendekar Kapak 212 Wiro Sableng.

Ken-ken sebenarnya pernah mendirikan rumah produksi film dan berhasil menelurkan beberapa film silat di antaranya berjudul Seruling Sakti. Prestasinya sebagai peran utama sebagai Wiro Sableng mengantar dirinya mendapatkan piala aktor komedi terbaik.

Kelihatannya pria ini sangat nyaman dengan hidupnya sebagai petani, dan memilih tinggal di desa yang tentam dan nyaman pada hari tuanya.

Sumber : http://www.merdeka.com/peristiwa/ken-ken-wiro-sableng-dulu-aktor-top-sekarang-jadi-petani.html
Advertisement