Dokter Berhasil Keluarkan 360 Batu Empedu Dari Perut Wanita Ini



Hotmagz - Seorang wanita bernama Mousumi Dam berumur 49 tahun yang berasal dari Kolkata, Bengal Barat, India, menderita sakit perut yang sangat parah selama beberapa bulan terakhir. Setelah pemeriksaan, Dokter lalu menemukan ada batu empedu yang menyumbat kandung empedunya. Berdasarkan pemeriksaan tersebut lalu dokter melakukan operasi pengangkatan batu empedu, namun ternyata sang dokter terkejut lantaran menemukan 360 buah batu empedu di dalam perutnya.

Sudah berbulan-bulan wanita tersebut mengalami kesakitan parah di bagian perut dan asam refluks. Namun bulan lalu ia menderita penyakit kuning dan akhirnya kembali mendatangi dokter untuk berkonsultasi. Tes dan USG menunjukkan bahwa di dalam kandung empedunya ada banyak batu empedu.

Dokter pun mengatakan bahwa ini adalah kasus batu empedu yang sangat parah, karena itu Mousumi di rujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lebih baik di kota Kolkata. Mousumi lalu menjalani operasi untuk mengangkat batu empedunya di rumah sakit itu. Dirinya ditangani oleh Dr Makhan Lal Saha, 59 tahun, seorang profesor ahli bedah.

Ketika operasi sedang dilaksanakan, Dr Makhan sempat sangat terkejut lantaran menemukan batu empedu dalam jumlah yang luar biasa banyaknya. Paling tidak ada sekitar 360 batu berukuran kecil.

“Saya sudah bekerja menjadi dokter selama hampir 37 tahun namun saya belum pernah melihat begitu banyak batu dikemas dalam kantong empedu. Hal ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah medis di Bengal Barat, ada orang yang menjalani operasi untuk menghilangkan 360 batu,” ujar Dr Makhan, dikutip dari situs Dailymail, 7 Agustus 2015.

“Batu-batu itu berukuran 5mm dan butuh 50 menit untuk mengambil semua batu. Bahkan, tangan saya mati rasa pada saat saya mengambil batu terakhir. Anehnya semua batu memiliki ukuran dan bentuk yang sama” tutur Dr Makhan.
Advertisement