Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Harus ke Dokter

Karang gigi, sebelum dan sesudah dibersihkan.

Hotmagz - Problem karang gigi memang hampir dialami oleh banyak orang, Karang gigi sendiri sebenarnya merupakan mineral deposit berwarna kuning atau cokelat yang melekat pada gigi, hal ini bisa berakibat periodontitas, apalagi kalau dibiarkan begitu saja tanpa ada usaha untuk membersihkannya.

Supaya bisa menghilangkan karang gigi, biasanya orang akan pergi ke dokter, Namun sebenarnya, ada cara lain yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan karang gigi ini. 

Yang perlu diingat yaitu, cara ini tak akan menghilangkan karang gigi secepat yang dilakukan oleh dokter gigi. Untuk mengurangi karang yang sudah menumpuk, terdapat beberapa pilihan pengobatan.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:


  • Hidrogen peroksida
  • Air
  • Bubuk soda kue
  • Garam
  • Antiseptik pencuci mulut
  • Dental pick
  • Sikat gigi


Caranya: 

  1. Campurkan satu cangkir hidrogen peroksida dengan 1/2 cangkir air hangat, kemudian kumurlah dengan campuran tersebut selama satu menit. Buang, kemudian bilas dengan 1/2 cangkir air dingin.
  2. Alat yang paling umum dan efektif untuk menyingkirkan karang gigi adalah baking soda. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1/2 sendok teh garam dalam cangkir. Kemudian, rendam sikat gigi dalam air hangat dan celupkan dalam campuran. Mulailah menyikat gigi Anda menggunakan campuran tersebut. Seluruh proses harus dilakukan selama 5 menit.
  3. Bilas mulut dengan antiseptik pencuci mulut.
  4. Gunakan dental pick untuk membersihkan karang pada gigi. Lakukan dengan hati-hati, agar tidak mengikis dan merusak gusi Anda.


Supaya bisa mendapatkan gigi putih seputih mutiara dan senyum yang indah silahkan ikuti tips berikut ini:

1. Makan keju.
Cobalah memakan keju Swiss atau cheddar sebelum makan, ini bisa membantu menetralkan asam penyebab karang gigi. 

2. Stroberi dan tomat.
Tomat dan stroberi adalah buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut, lantaran kedua buah ini kaya akan vitamin C. Keduanya mampu memutihkan gigi dan melembutkan karang gigi. Cukup gosokkan langsung tomat dan stroberi ke gigi dan diamkan selama 5 menit. Anda dapat melakukan cara yang sama, menggunakan makanan lain yang juga kaya vitamin C, seperti jeruk nipis, jeruk, lemon, paprika dan pepaya. Sesudah itu, bilas mulut Anda menggunakan campuran yang terbuat dari baking soda dan air hangat.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan mulut:

  • Anda harus teratur menggunakan benang gigi.
  • Bersihkan mulut Anda secara alami menggunakan air liur yang dipicu dari makanan pedas yang akan menghasilkan kelenjar ludah.
  • Untuk mencegah bakteri berkembang biak, gosok gigi menggunakan kulit jeruk sebelum tidur tanpa dibilas.
  • Saat menyikat gigi, gunakan sikat gigi yang lembut dan buat gerakan vertikal. Pastikan untuk selalu membersihkan ruang antara gusi dan gigi.


Sumber: Healthy Food House.
Advertisement