Ini Dia Wanita Pertama Yang Akan Injak Mars

Ini Dia Wanita Pertama Yang Akan Injak Mars

Hotmagz - Seorang jurnalis, peneliti, dan penggiat luar angkasa, Dr Sheyna Gifford, akan menjadi perwakilan dari NASA dan tengah menyiapkan diri untuk jadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Mars. 

Menurut laporan yang didapat oleh NYC Today, wanita yang juga adalah seorang dokter itu bakal diikutsertakan dalam misi pengiriman manusia ke Mars. 

Untuk menyiapkan itu, Sheyna berhimpun dengan lima kru NASA yang lain mengkuti Hawaii Space Exploration Analog serta Simulation (HI-SEAS), yakni uji simulasi hidup di habitat yang telah ditata seperti lingkungan di Mars. 

Simulasi yang telah diawali mulai sejak 28 Agustus 2015 silam itu bakal dilakukan sepanjang satu tahun penuh di suatu kubah bertenaga matahari seluas 93 meter persegi, di puncak gunung berapi Mauna Loa, Hawaii, AS. 

Lewat simulasi itu, harapannya beberapa peneliti serta kru yang lain bisa melihat resiko-risiko apa sajakah yang dihasilkan dari misi penjelajahan manusia diluar angkasa dalam periode waktu yang panjang. 

 " Pokoknya yang dilihat yaitu dari segi psikologis, logistik, ilmu dan pengetahuan, serta pemeliharaan, " kata Sheyna, saat dimintai komentarnya masalah hidup satu tahun di kubah berlingkungan seperti Mars itu. 

 " Pada intinya kami mencari tahu apa yang dibutuhkan untuk makan serta minum (di Mars) sepanjang satu tahun, seberapa banyak praktik ilmiah yang dapat dikerjakan, serta bagaimanakah beberapa kru mengatur itu seluruhnya, " lebih dia. 

Lima kru yang menemani Sheyna merupakan seseorang fisikawan, seseorang teknisi pesawat, seseorang pakar astrobiologi, serta seseorang arsitek luar angkasa.
Advertisement