Heboh Pria ini Sebarkan HIV ke 270 Orang, Bagaimana Cara Dia Melakukannya?

Heboh Pria ini Sebarkan HIV ke 270 Orang | Sumber : Suara.com

Hotmagz - Pengadilan di Kamboja, pada hari Kamis (3/12/2015) baru saja memutuskan bahwa seorang mantri kesehatan dihukum selama 25 tahun penjara atas dakwaan sudah menyebarkan virus HIV pada kian lebih 270 masyarakat di suatu desa terpencil di Kamboja barat daya. 

Sebelumnya departemen kesehatan telah mendeteksi epidemi HIV, virus pemicu AIDS pada 9 Desember tahun kemarin sewaktu melakukan tes di Propinsi Battambang. Mereka menemukan sekitar 270 kasus, dimana satu diantara korbannya berumur 2 tahun sedangkan yang lain berumur 80an tahun. 

Masalah itu adalah pukulan telak untuk Kamboja yang selama ini berhasil mengurangi jumlah pasien HIV. Pada awal mulanya, HIV tersebar dan tidak teratasi di negeri itu pada masa th. 1990an. 

Departemen kesehatan mengambil keputusan untuk mengecek warga desa sesudah menemukan seseorang lelaki berumur 74 tahun yang positif terjangkit HIV pada bulan November. Lelaki itu mengajak warga desa lain yang juga memperoleh jasa kesehatan dari si mantri kesehatan, Yem Chrin, (56), untuk memeriksakan diri. 

" Pengadilan kemudian menemukan kenyataan bahwa Yem Chrin bersalah memberi jasa layanan kesehatan tanpa ada izin, menyuntik warga dengan jarum suntik yang terjangkit HIV serta menyebabkan orang meninggal, " kata hakim pengadilan Propinsi Battambang, Yich Na Chheavy, waktu membacakan vonis. 

Yem Chrin mengakui memakai jarum suntik bekas dengan cara teratur tetapi dia menyanggah bahwa ia berniat menebarkan virus itu. Sekurang-kurangnya sepuluh orang warga desa wafat mulai sejak wabah ini muncul. 

Polisi menyampaikan, Yem Chrin adalah dokter yang dihormati orang-orang setempat lantaran mempunyai keahlian mengobati penyakit serta memberi jasa kesehatan murah untuk orang miskin.

Sumber : http://www.suara.com/news/2015/12/03/153633/sebar-hiv-ke-270-orang-mantri-desa-divonis-25-tahun-penjara
Advertisement