5 Tips Cara Membedakan Micro SD Asli dan Palsu

Hotmagz - Saat ini para pengguna smartphone pasti juga menggunakan Micro SD sebagai dukungan tempat penyimpanan data karena biasanya memory internal smartphone saja tak cukup luas untuk menampung berbagai data multimedia seperti foto dan video yang semakin hari semakin memiliki resolusi besar sehingga ukuran filenya juga besar.

Maka dari itu kebutuhan akan Micro SD tentu saja sangat besar tapi sayangnya, Micro SD yang beredar di pasaran tak semuanya asli. Ada oknum penjual yang tega menjual Micro SD palsu dan menipu para konsumen. Untuk itu, kamu perlu tau ciri-ciri Micro SD yang asli dengan yang palsu.


Berikut ini adalah 5 tips bagaimana membedakan Micro SD asli dan palsu :

1. Tulisan di Merek dan Kapasitas Buram


Ciri fisik yang mudah diketahui adalah tulisan merek dan kapasitas yang ada di Micro SD. Micro SD yang asli memiliki tulisan merek dan kapasitas yang tebal dan jelas, sedangkan yang palsu tulisannya buram.

Atas adalah Micro SD palsu dan yang bawah adalah yang asli / Gambar via youtube.com/Mrwhosetheboss

Bahayanya jika membeli yang palsu, kapasitas yang tertulis tak sesuai. Misalnya tertulis 64GB, tapi sebenarnya hanya 8GB dan setelah 8GB data lama yang kamu simpan akan terhapus dan diganti data baru secara otomatis, atau overwrite.

2. Tidak ada Info Kapasitas di Kemasan



Contoh Micro SD yang asli, ada informasi kapasitas di kemasan / Gambar via aliexpress.com

Perhatikan kemasan sebelum membuka, jika pada kemasan terdapat tulisan kapasitas, jenis, dan classnya, maka Micro SD itu asli. Yang palsu tidak memperlihatkan kapasitas, jenis, dan classnya.
Kapasitas Besar, Harga Super Murah


3. Perhatikan harga Micro SD



Gambar via yebhioffer.com
Memang yang murah tapi kapasitas besar perlu diwaspadai. Jika kamu membeli Micro SD dengan kapasitas 16GB atau lebih dan harganya dibawah Rp 100 ribu, perlu diwaspadai. Karena Micro SD dengan kapasitas 16GB atau lebih harganya diatas Rp 150 ribu.

4. File Tersimpan Rusak dan tidak bisa Dibuka



File tidak bisa dibuka / Gambar via datarecoveryblogger.blogspot.in
Ini yang paling berbahaya. Jika kamu membeli Micro SD berkapasitas 64GB, cobalah dulu memindahkan file yang kapasitasnya 64GB. Kemudian, coba satu per satu file itu dibuka. Jika bisa dibuka, maka Micro SD tersebut asli dan jika tidak bisa maka itu palsu. Tentunya file yang kamu pindahkan ini hanya file percobaan ya untuk membuktikan asli atau tidaknya.

5. Warna Sisi Samping Micro SD



Warna samping micro SD ikut putih / Gambar via id.aliexpress.com
Micro SD yang asli memiliki warna putih di bagian sampingnya, sedangkan yang palsu tidak berwarna.

Itulah tips membedakan Micro SD asli dan yang palsu. Jadi, jangan terkecoh lagi ketika membeli Micro SD ya!
Advertisement