Beredar Foto Uang Pecahan Rp 200.000, Apa Kata Bank Indonesia?

Hotmagz.com - Di social media saat ini sedang dihebohkan dengan kabar beredarnya uang pecahan 200 ribu di masyarakat. Tampak pada foto tersebut bahwa uang itu bergambar orang sedang menaiki kuda dengan kombinasi warna ungu kuning dan putih.



Akan tetapi, ketika dikonfirmasi kepada pihak Bank Indonesia (BI), mereka menyatakan bahwa foto tersebut adalah hoax. Kabar tersebut hanya dibuat-buat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara menyampaikan bahwa BI hanya mengeluarkan dan mengantur pecahan rupiah paling besar Rp 100.000. Jadi bila ada kabar beredarnya uang pecahan Rp 200.000 dapat dipastikan itu adalah hoax alias bohong.

“Terkait informasi yang beredar di medsos mengenai uang pecahan Rp 200.000, Bank Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut tak benar,” ujar Tirta, dikutip dari Tribunnews.com.

Tirta juga menyampaikan bahwa kemunculan uang kertas pecahan Rp 200.000 tersebut dilakukan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Tirta menjelaskan jika BI memiliki aturan sendiri untuk mengeluarkan uang pecahan baru.

“Untuk tiap uang pecahan baru yang dikeluarkan, Bank Indonesia akan mengeluarkan pernyataan resmi di media massa dan website www.bi.go.id,” imbuh Tirta.
Advertisement