31 Juli 2015 Peristiwa Alam Unik Blue Moon

Posted on


Hotmagz – Fenomena langit bakal kembali terlihat pada 31 Juli besok. Blue moon atau bulan biru bakal menghiasi malam masyarakat dunia. Lantas apakah bulan biru tersebut? 
Blue moon yaitu fenomena penampakan bulan purnama yang berlangsung lebih dari pada sekali. Seperti yang di ketahui, bulan pertama dalam Juli 2015 sudah tampak pada 2 Juli. Besok, bulan purnama ke-2 bakal kembali tampak. 
Walaupun disebut blue moon, tidak akan ada bulan berwarna biru. Istilah berasal dari petani Maine yang kemudian makin populer setelah majalah Sky & Telescope mempublikasikan tentang kesalahpahaman soal blue moon pada 1946 yang lalu. 
Akan tetapi, NASA mencatat blue moon yang nampak pada 1983 nyatanya betul-betul berwarna biru. Beberapa negara juga menyaksikan peristiwa langka tersebut lantaran peristiwa itu disangka ada hubungan dengan letusan Gunung Krakatau. 
Bulan biru ini dikarenkan letusan Krakatau yang berkekuatan 100 megaton bom nuklir itu membumbung sampai atmosfer terluar serta sehingga menyebabkan penampakan bulan dari bumi jadi biru. 
Terutama debu diisi partikel seluas satu mikron yang memiliki ukuran sama untuk gelombang panjang sinar merah mengakibatkan sinar merah serta ruang penampakan bulan membuahkan sinar biru. Apakah besok bulan ke-2 bakal berwarna biru juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *