4 Bangunan Yang Konon Dibangun Hanya Semalam Saja

Istimewa
HOTMAGZ– Adanya bangunan, tentu saja dibuat oleh tangan manusia. Untuk mempercantik penampilannya juga pastinya dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangunnya.

Namun bagaimana jika ada bangunan-bangunan unik yang katanya dibangun dalam satu malam saja. Aneh? Jelas, tapi ini sungguh-sungguh ada. Tapi dibalik keanehannya itu, banyak yang percaya jika pembangunannya dibantu makhluk halus seperti jin. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak beberapa bangunan yang dibuat dalam semalam saja, seperti yang dilansir dari KapanLagi.com

1. Candi Prambanan, Yogyakarta

Kisah dari candi Prambanan ini sangat lekat sekali dengan kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang berasal dari dua kerajaan saling bermusuhan. Karena hal itulah, Jonggrang minta dibuatkan 1.000 candi hanya dalam semalam saja. Ini merupakan syarat untuk menjadi istri dari Bondowoso. Mengingat sangat tidak mungkin jika itu dilakukan manusia biasa, Bondowoso menugaskan tentara jin untuk membuat Jonggrang cemas karena bangunan candi hampir selesai kala 1/3 malam.

Tipuan pun direncanakan oleh Jonggrang, dengan cara membangunkan ayam hingga para jin tersebut pergi sebelum pembangunan 1.000 candi terselesaikan. Oleh sebab itu, Bondowoso marah dan mengutuk Jonggrang dijadikan sebagai arca candi yang ke-1.000.

2. Pulau Karang, Madura

Januari 2013 silam, Madura digemparkan dengan kejadian aneh. Pasalnya, secara mendadak ada pulau Karang yang panjangnya mencapai 50 meter muncul di pesisir pantai desa Labuhan, kecamatan Sepuluh, Bangkalan, Madura dalam waktu satu malam saja. Gundukan karang yang muncul tersebut dipercaya merupakan tanda bencana.

Awalnya orang-orang hanya menduga bahwa itu hanyalah gundukan pasir di tengah laut yang terbawa ombak, namun seiring berjalannya waktu pulau tersebut bagai kapal raksasa yang terdampar.

3. Gunung Padang, Cianjur

Desa Karyamukti yang letaknya 40 kilometer barat daya dari Cianjur ini memiliki Gunung Padang. Gunung yang merupakan situs Megalithikum ini menutupi semua bukit bertingkat dengan batu andesit pejal sepanjang 400 meter dan tinggi 95 meter yang dijadikan tangga. Ini merupakan tempat bersejarah yang dijadikan lokasi Megalithikum terbesar di Asia Tenggara yang ditemukan pada tahun 1914.

Para warga lokal percaya jika Gunung ini sudah ada sejak tahun 5000 SM dan tidak menutupi kemungkinanusia Gunung ini jauh lebih tua dari perkiraan. Dugaan lain pun muncul jika Gunung Padang ini merupakan bekas piramida purba peninggalan nenek moyang penduduk Indonesia yang membuat situs Gunung Padang bisa saja jauh lebih tua daripada piramida Giza di Mesir sana.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon

Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang berlokasi di Cirebon ini dibangun oleh seorang Wali Songo, pada tahun 1489. Karena merupakan peninggalan wisata religi, masjid yang lebih dikenal dengan Masjid Agung Cirebon menjadi favorit untuk dikunjungi.

Para masyarakat percaya jika masid ini dibangun hanya satu malam saja. Konon, sang arsitek dari bangunan ini, Sunan Kalijaga dibantu oleh jin untuk membangun masid ini dari Maghrib hingga Subuh. Legenda ini ada benarnya juga saat melihat struktur masjid Agung yang dibuat dari kayu knock down yang mudah dirakit.

(KapanLagi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *