Anak Terlambat Bicara, Mungkin Karena Sindrom Treacher Collins

Posted on
Hotmagz – Kemampuan bicara seorang anak memang tidak sama, tapi pada umumnya pada usia 2 tahun biasanya anak sudah biasa berbicara kalimat 2-3 kata. Saat usia 3 tahun biasanya sudah dapat berbicara 3 kata atau lebih dan mulai menggunakan kalimat tanya. Jika pada usia ini belum dapat bicara, maka perlu diwaspadai dan dicari penyebabnya.

Kisah nyata terjadi pada seorang ibu di Jakarta yang anaknya berusia 6 tahun dan belum lancar bicara, lalu ibu ini memeriksakan anaknya ke dokter spesialis anak dan dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan), ternyata anaknya mengidap Sindrom Treacher Collins.
Treacher Collins Sindrom yaitu kelainan genetik yang mempengaruhi perkembangan struktur tulang wajah. Orang yang terkena sindrom ini tulang tengkorak, tulang rahang pipi nya dan tulang di wajahnya tidak dapat berkembang dengan baik. Akibatnya bentuk wajah menjadi tidak normal, kemampuan bicara dan pendengaran terganggu. 
Menurut survei WHO, 1 dari 50.000 anak di dunia terkena sindrom ini. Tingkat keparahan yang terjadi akibat sindrom ini bervariasi, ada yang ringan sampai sangat parah sehingga membutuhkan alat bantu nafas. Sindrom ini dapat dikenali dari bentuk wajah yang kecil dan khas, serta biasanya terdapat gangguan pendengaran dan gangguan bicara. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang sindrom treacher coaster. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *