Aneh dan Unik, Pohon di Ekuador ini Bisa Berjalan

Posted on
Pohon Berjalan (foto: Odditycentral)

Hotmagz – Pohon memanglah merupakan mahluk hidup namun tak dapat berjalan seperti manusia. Akan tetapi pohon yang hidup di rimba hujan Ekuador ini kabarnya  dapat berjalan atau berpindah tempat dengan sendirinya. 
Socratea exorrhiza, adalah nama latin untuk pohon itu, ia mempunyai system akar yang rumit yang juga berperan sebagai kaki yang memungkinkannya untuk selalu bergerak menuju sinar matahari saat pergantian musim. 
Ditulis dari Odditycentral, pohon tersebut dapat bergerak 2-3 cm /hari atau 20 meter setiap tahunnya. Sepertinya itu perpindahan yang sangat dekat, namun bergerak sejauh 20 meter untuk pohon ini sudah luar biasa seperti lari maraton. 
Pemandu di rimba hujan Amerika Latin, seperti Ekuador, menyampaikan pada wisatawan bahwa pohon itu perlahan dapat berjalan untuk mencari sinar matahari dengan menumbuhkan akar baru serta akar yang lama bakal mati. 
(foto: Odditycentral)
” Saat tanah mengikis, pohon baru mulai berkembang, akar panjang mulai berkembang serta lebih solid, terkadang hingga 20 mtr, ” kata Peter Vrsansky, palaeobiolog dari Akademi Slovakia of Sciences. 
Peter menuturkan dengan detail saat akar baru mulai berkembang di tanah yang lain, batang pohon perlahan bakal mulai berpindah tempat mengikuti akar baru itu. 
Pada suatu artikel yang dipublikasikan oleh Live Science pada th. 2012, ilmuwan menyangkal bahwa pohon itu dapat berjalan. Dalam artikel itu, pohon itu sesungguhnya diam ditempat terkecuali ada angin kencang atau ditebang. 
Gerardo Avalos, seseorang pakar biologi serta direktur Pusat Studi Pembangunan Berkepanjangan di Kosta Rika, juga sepakat bahwa pohon itu tak dapat bergerak serta menyebutkan pohon jalan itu cuma mitos belaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *