Apa Sih Penyebab Jari Menjadi Keriput Saat Basah?

Apa Sih Penyebab Jari Menjadi Keriput Saat Basah?
Kebanyakan dari kita pasti pernah mengalami jari-jari tangan dan juga kaki menjadi keriput setelah lama berenang atau berendam dalam air, lalu apakah sebabnya nya permukaan jari tangan dan kaki kita bisa menjadi keriput? meskipun itu hal yang wajar dan semua orang pasti mengalaminya tapi ada juga yang khawatir itu merupakan gejala suatu penyakit,
Kebanyakan orang yang salah mengira mengapa jari tangan dan jari kaki keriput saat basah. Ada sebagian orang mengatakan bahwa kulit tangan dan kaki kita jadi membengkak karena menyerap air dan karena menyerap air itulah maka kulit menjadi keriput. Sementara yang lain beralasan karena mereka percaya bahwa kulit jari tangan dan juga kaki menjadi keriput karena “osmosis”. Namun semua alasan tersebut ternyata tidak benar karena bila jari-jari tangan dan kaki keriput karena osmosis maka bagian tubuh lain juga seharusnya mengalami osmosis dan tidak hanya bagian jari saja.
Jawaban yang benar adalah hal itu terjadi karena jari tangan menjadi keriput saat basah adalah respon dari saraf simpatik. Tampaknya apabila sistem saraf simpatik ini dipotong, maka dampaknya kulit jari tangan dan jari kaki kita tak akan bisa menjadi keriput lagi walaupun kita berendam lama di dalam air. Inilah sebab dari mengapa kulit jari tangan dan kaki bisa keriput, sistem saraf simpatik ini merupakan salah satu bagian dari sistem saraf pusat yang bertugas atas respon dalam tubuh kita. Bukan hanya itu, sistem saraf simpatik ini juga bertugas sebagai pengendali sejumlah fungsi yang ada di dalam tubuh seperti tekanan darah dan denyut jantung.
Lalu Bagaimana Sistem Saraf Simpatik Bekerja waktu Jari-jari Tangan dan Kaki Terkena Air?
Cara kerja dari sistem saraf simpatik adalah sebagai berikut, pada waktu tangan dan kaki kita masuk ke dalam air atau terkena air terlalu lama, hal ini akan membuat pembuluh darah tepi menegang. Mengapa? karena sistem saraf simpatik tadi mengalihkan darah ke pusat tubuh dan ke organ dan otot-otot utama. Pada saat sistem ini diaktifkan maka pembuluh darah yang ada di jari tangan dan jari kaki tersebut akan menyempit sehingga menyebabkan aliran darah akan sulit untuk mengalir ke jari tangan dan kaki.
Apabila volume darah yang ada di jaringan lunak jari tangan dan kaki berkurang, maka kulit jari tangan dan jari kaki akan tertarik dan membentuk lipatan-lipatan, hal inilah yang kita sebut dengan keriput! Namun jangan khawatir dengan keriput ini, lantaran keriput itu tidak permanen dan akan hilang setelah beberapa menit kita keluar dari dalam air atau tangan dan kaki sudah tidak terkena air lagi.
Ternyata Jari Tangan Keriput Ada Manfaatnya Juga, Loh!


Seorang peneliti bernama Mark Changizi yang merupakan ahli neurobiologi memiliki teori bahwa ketika kulit jari tangan berkeriput karena terkena air, maka kita akan lebih mudah menggenggam benda-benda yang basah ataupun benda yang terendam dalam air. Bukan hanya itu, keriput di jari kaki, misal saat kita berenang akan membantu kita untuk mudah berjalan di dalam air karena membuat pijakan lebih baik saat terendam di dalam air.
Terima kasih telah membaca artikel tentang penyebab tangan keriput kena air, apa sebab tangan kena air lngsung keriput. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *