Apakah Baik Menggunakan Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga?

Posted on
HOTMAGZ- Sangat biasa jika orang-orang membersihkan kotoran yang ada dalam telinga. Biasanya dengan menggunakan cotton bud. Tapi ternyata, kotoran telinga tersebut dihasilkan kelenjar sebaceous yang menjaga telinga agar tetap dalam keadaan lembap dan bersih dari sel-sel kulit mati sehingga gendang telinga tidak terganggu. Yang artinya, telinga telah dibuat sedemikian rupa sehingga kotoran yang ada di dalamnya dapat keluar dengans sendirinya tanpa perlu menggunakan alat apapun untuk membersihkannya.

Itulah yang diberitahukan oleh Maria Suurna, MD sebagai ahli Telinga Hidung Tenggorokan (THT). Menurutnya, alat-alat yang dimasukkan ke dalam telinga untuk memebersihkan kotoran malah akan mendorong masuk kembali kotoran-kotoran tersebut dan ini akan menyebabkan penyumbatan.

“Selain penyumbatan, membersihkan telinga dengan barang-barang seperti cotton bud, candle ear, dan sebagainya bisa merusak gendang telinga. Panas yang dihasilkan candle ear misalnya dapat membakar gendang telinga,” tuturnya, seperti yang dikutip dari liputan6.com

Dan cara yang paling tepat untuk membersihkan telinga adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida sebanyak satu atau dua tetes dan masukkan ke dalam telinga Anda selama kurang lebih 10 menit, atau bisa juga dengan bantuan dari dokter ahli.

(terselubung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *