Awas! Smartphone Dapat Mengubah Bentuk Otak Anda

Ilustrasi penggunaan smartphone (sumber: mywireless.org)

HOTMAGZ – Karena begitu banyaknya kegunaan smartphone dalam kehidupan manusia, kini nampaknya smartphone ini telah menjadi barang primer dalam kehidupan manusia. 
Namun berdasarkan penelitian, penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan berpotensi mengganggu fungsi otak bahkan mengubah bentuk otak Anda. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang sering menggunakan smartphone dengan layar sentuh mengalami perubahan ukuran dan bentuk pada bagian otaknya yang merupakan area pengendali jempol atau memiliki istilah somatosensory cortex.
Dr Arko Ghosh yang merupakan seorang peneliti dari University of Zurich di Swiss mengatakan, “Saat Anda menggunakan smartphone dengan model layar sentuh, maka bagian otak yang berperan dalam mengendalikan sentuhan di ujung jari jempol akan bergerak dengan lebih aktif. Sehingga hal ini akan membuat bagian otak yang disebut dengan somatosensory cortex bertumbuh lebih pesat daripada bagian otak lainnya.”
“Tanpa Anda sadari perubahan ini mampu membawa dampak buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan rasa sakit, kejang, dan gangguan dalam gerakan kognitif seperti dystonia,” jelasnya.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, para peneliti pun mengingatkan bagi Anda para pengguna smartphone layar sentuh agar lebih bijak dalam penggunaannya. Jangan sampai teknologi yang seharusnya Anda kuasai malah menguasai Anda bahkan hingga mengganggu kesehatan Anda.
sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *