Bagaimana Bisa Flu Sebabkan Pembuluh Arteri Robek?

HOTMAGZ– Pergantian cuaca seringkali membuat banyak orang mudah terserang penyakit seperti pilek ataupun influenza. Tampaknya masyarakat sudah menilai penyakit flu ini sebagai penyakit yang biasa dan tidak menimbulkan bahaya. Namun ternyata tidak, menurut sebuah peneliltian mengatakan bahwa flu dapat menimbulkan adanya masalah lain didalam tubuh.

Terjangkitnya influenza dapat membuat pembuluh arteri menjadi sobek yang dapat mengakibatkan kematian. Pada musim hujan seperti ini, banyak penderita flu harus dibawa ke rumah sakit karena mengalami masalah kebocoran fatal pada pembuluh aorta. Aorta adalah pembuluh arteri utama yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Keadaan seperti ini dikenal juga dengan aortic dissection akut. Kondisi tersebut begitu membahayakan bahkan dapat mengakibatkan kematian pada seseorang. Diketahui masalah seperti ini banyak terjadi ketika sedang musim flu, seperti yang diungkapkan peneliti Dr Harleen Sandhu dalam Web MD.

Kebocoran pada aorta ini biasanya dikarenakan adanya robekan pada dinding didalam aorta. Gejala umumnya adalah seperti rasa sakit yang tiba-tiba dan parah di bagian punggung atas atau dada. Robekan pada aorta dapat mengakibatkan 10.600 kematian.

Walaupun kenyataannya seperti itu, namun hingga saat ini peneliti tidak mengetahui apa penyebab dari flu bisa merobek dinding aorta. Untuk sekarang peneliti hanya bisa berpendapat bahwa flu mengakibatkan peradangan dan bisa menyebabkan kerobekan pada aorta. Untuk mendapatkan kepastiannya, peneliti masih harus melakukan banyak penelitian tentang flu dan risiko pembuluh arteri robek.

(merdeka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *