Bahayanya Tidur Di Dekat Ponsel

Ilustrasi (Huffingtonpost)
HOTMAGZ-Benda seperti smartphone seperti sudah melekat dalam aktivitas sehari-hari kita. Sampai-sampai ponsel selalu ada di dekat kita.
 
Tidak sedikit juga orang yang menaruh ponsel didekatnya saat tidur. Tapi tahukah Anda bahwa ponsel yang menyala dekat dengan Anda tidur itu sangatlah membahayakan?
 
Menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan di University of Granada Spanyol, meletakkan ponsel dengan kondisi layar menyala di kamar tidur dapat membuat tubuh cenderung mudah mengalami kegemukkan.
 
Karena tubuh kita membutuhkan suasana yang gelap untuk menghasilkan hormon yang dapat mengubah makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi energy yang dapat kita keluarkan.
 
Jadi jika ada cahaya yang keluar dari layar ponsel, menyebabkan terganggunya melatonin saat dilepaskan dan menghambat tubuh dapat membakar makanan dengan baik. “Meski cahaya itu tidak cukup terang untuk menerangi ruangan, tetapi tetap dapat mengganggu.”
 
Tidak hanya itu, ponsel yang sedang tersalur dengan arus listrik atau dalam pengisian baterai juga dapat mengganggu kualitas tidur kita karena timbulnya panjang gelombang pendek yang dipancarkan. Hal ini sangat tidak baik bagi organ tubuh kita.
 
Beberapa penelitian menyarankan agar setiap orang harus menjaga kualitas tidurnya seperti tidur dengan cahaya yang gelap.
 
“Perubahan pola bangun tidur memicu timbulnya diabetes dan obesitas. Jadi, bila Anda bisa meningkatkan waktu tidur, akan membawa efek positif pada tubuh,” kata Dokter Simon Kyle, seorang peneliti tidur.

Menurutnya, saat ini tidak jarang orang yang memainkan ponsel sebelum tidur, secara tidak disadari Anda sedang memandangi cahaya layar ponsel . Mungkin sebelum beristirahat sebaiknya matikan dulu segala gadget Anda agar tidak mengganggu kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *