Baterai HP ‘Sekarat’ Disaat Tidak Ada Listrik? Coba Alternatif Unik Ini!

HOTMAGZ– Mungkin yang kita ketahui jika mengisi baterai ponsel pasti menggunakan tenaga listrik. Tapi ternyata ada cara lain yang dapat digunakan untuk menghidupkan kembali ponsel Anda ketika listrik sedang tidak ada. Cara-cara yang ada berikut ini memang terkesan aneh, tapi ini sungguhan ada, seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

1. Menggunakan Urine
Mungkin cara yang satu ini tidak pernah terbesit dalam pikiran Anda sebelumnya, tapi ini sungguhan ada dan telah dikembangkan oleh beberapa ilmuwan asal Bristol Robotics Laboratory dan University of Bristol dan menamainya dengan Microbal MFC.

Para ilmuwan ini berhasil membuat sebuah metode untuk menumbuhkan sejenis bakteri bermanfaat yang dapat dimanipulasi untuk merubah urin menjadi zat ceramic cylinder. Ceramic cylinder sendiri diyakini dapat menghasilkan energi listrik statis setelah ditampung dalam kapasitator sebelum dialirkan ke baterai ponsel

2. SolePower, Ngecas dengan Berjalan Kaki

SolePower merupakan sebuah proyek inovatif yang diperkenalkan melalui situs Kickstarter. Matthew Staton dan Hana Alexander adalah dua mahasiswa teknik yang mencetuskan ide ini.

Awalnya mereka membuat SolePower ini hanya untuk mengoperasikan LED pada bagian bawah sepatu sebagai senter. Hingga akhirnya mereka mencoba untuk membuat ini menjadi dapat digunakan untuk yang lain. Sol khusus yang digunakan di dalam sepatu akan menangkap energi kinetik dan menyimpannya dalam cadangan baterai eksternal. Dengan memanfaatkan setiap langkah pengguna sekitar 2,5 mil atau 4km untuk mengisi baterai ponsel berkapasitas 2.100 mAh.
 

3. Charger yang Bersumber Dari Panas Tubuh
Perusahaan teknologi asal Inggris Vodafone yang mengembangkan charger ponsel yang satu ini. Vodafone menjalin kerjasama dengan beberapa ilmuwan dari University of Southhampton.

The Power Pocket Charger, itulah namanya. Dibuat dengan desain unik, yakni hanya seperti sebuah saku celana dan kantong tidur. Hanya bedanya, ini terbuat dari sebuah bahan termokopel yang merupakan bahan termoelektrik yang sangat fleksibel dan efektif untuk menghantarkan panas.

Panas yang dihasilkannya bersumber dari suhu panas tubuh si pengguna. Yang nantinya akan dialirkan melwati lapisan dalam termokopel saku celana atau kantong tidur, kemudian mengubahnya menjadi tenaga listrik yang digunakan untuk mengisi ulang daya baterai.

4. Charger Kompor PowerPot

Ini sangat berguna bagi Anda yang memang sering berada di luar ruangan, seperti ketika sedang berkemah. Cara kerjanya sangat simple, yakni mengandalkan kompor buatan studio Brooklyn.

Sebuah generator thermoelectric dimasukkan ke dalam sebuah panci yang juga dapat digunakan untuk kegiatan memasak. Di bagian bawah kompor disediakan sebuah slot USB  yang dapat menghasilkan listrik sebesar 5 – 10 watt. Kabarnya, PowerPot ini akan dipasarkan dengan harga US $ 149.

5. Charger Yang Memanfaatkan Gowesan Sepeda

Untuk Anda yang senang bersepeda, mungkin ini adalah sebuah keuntungan untuk Anda. Karena dengan charger yang satu ini, Anda bisa menggowes sepeda sambil mengisi daya baterai ponsel. Produk yang sedang mengumpulkan dana dari situs Kickstarter ini ditawarkan dengan harga US $ 5.

Penggunaannya sangat sederhana, Anda hanya perlu menggerakkan kaki ketika bersepeda. Sepeda ini dilengkapi kabel USB dan generator untuk mengubah gowesan tersebut menjadi sebuah energi bagi ponsel.

Dan nyamannya, akan diberikan sebuah penyangga untuk menaruh ponsel Anda disana.

(Liputan6)
Terima kasih telah membaca artikel tentang cara charger yang bersumber dari panas tubuh, Cara lain untuk mengisi batrai hp saat tidak ada listrik. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *