Berapa Sih Harga Organ Tubuh Kita?

Hotmagz – Banyak sekali orang hidup tanpa rasa syukur, padahal kesehatan yang mereka miliki itu sangat mahal sekali harganya. Terkadang orang baru tahu pentingnya menjaga kesehatan sewaktu mereka sakit, atau salah satu organ tubuh mengalami kerusakan.
Di negara barat kebutuhan akan organ tubuh manusia semakin meningkat setiap harinya, Ini disebabkan semakin bertambahnya penderita kanker, sakit jantung, gagal ginjal dan juga masalah paru-paru.
Untuk menjalani oprasi transplantasi organ tubuh inipun harganya terbilang sangat mahal bahkan harganya semakin hari meningkat secara drastis. Sangat ironis ketika mengetahui permintaan terhadap organ tubuh ini yang menyadarkan manusia bahwa mereka lebih ‘berharga’ pada waktu ia meninggal daripada saat hidup.
Mungkin karena alasan ini juga yang dimanfaatkan oleh pasar-pasar gelap untuk mendapat keuntungan dari penjualan organ tubuh manusia. Ironis sebab mereka mendapat imbalan uang dari organ-organ tersebut dari orang-orang yang bernasib naas, organ diawetkan lalu dijual ke negara-negara kaya untuk kebutuhan operasi transplantasi. Sebetulnya banyak negara sudah mengeluarkan larangan atas perdagangan organ ini, tetapi tetap saja sulit memutuskan rantai perdagangan organ tubuh ini.
Sumber : Tipsiana
Sebagai contoh di Amerika Serikat saja, menurut catatan sudah hampir 1700 mayat hilang dan pada saat ditemukan beberapa bagian tubuh sudah ada yang hilang. Belum lagi kasus yang mengerikan dan ini tak terhitung jumlahnya dimana organ tubuh seseorang telah dicuri lalu tubuh orang tersebut dijahit kembali.
Salah satu kasus yang paling mengejutkan adalah pada saat seorang karyawan South West Airlines menemukan tumpukan kepala manusia yang diseludupkan dan disinyalir sebagai produk perdagangan organ tubuh.
Sumber : Tipsiana
Nah Berikut ini merupakan perkiraan harga organ tubuh kita:
Jika dilihat dari dari gambar disamping dan apabila harga tersebut     dikonversi     kedalam    rupiah          ( 1 poundsterling = 19.875 rupiah), maka harga organ tubuh kita adalah sebagai berikut :
Kornea mata      Rp.     298.125.000,-
Paru-paru           Rp.  4.094.250.000,-
Ginjal                  Rp.  2.086.875.000,-
Hati                    Rp.  2.067.000,000,-
Jantung               Rp.  8.446.875.000,-
Tengkorak           Rp.       99.375.000,-
Tulang                Rp.       71.550.000,-
Bila di total, satu tubuh manusia bernilai sekitar 17.2 milyar Rupiah! Wow sebuah harga yang sangat fantastis. Nilai yang menggiurkan inilah yang mendorong pasar gelap semakin gencar mencari organ tubuh manusia, dengan cara apapun.
Walaupun demikian pasokan transplantasi organ tubuh yang legal ternyata sangatlah sedikit. Ribuan orang meninggal lantaran tak sempat mendapatkan transplantasi organ atau mungkin karena tidak mampu membayar untuk biaya operasi transplantasi organ tubuh.
Salah satu langkah yang baik untuk membudayakan donasi organ tubuh adalah dengan mendonasikan organ tubuh kita pada saat kita meninggal. Karena dengan mendonorkan bagian tubuh yang sesungguhnya tidak ada gunanya lagi pada saat kita mati, namun organ tersebut malah dapat membantu memperpanjang hidup orang lain.
Sumber : http://www.tipsiana.com/2015/04/inilah-harga-tiap-bagian-tubuh-anda.html
Terima kasih telah membaca artikel tentang harga organ tubuh, harga organ tubuh manusia. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *