Berikan Makanan Pada Bayi Sesuai Usianya

Foto: copyright Thinkstock
HOTMAGZ-seiring berjalannya waktu, semakin bertumbuh besarnya bayi akan membuatnya membutuhkan asupan makanan yang baik juga. Orang tua mana yang tidak senang bila melihat sang anak dengan lahap mencicipi segala makanan. Namun karena usianya yang masih sangat belia, membuat sistem pencernaannya belum siap jika diberikan sembarang makanan. Jadi perlu Anda ketahui sebagai orang tua, apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh bayi Anda.

Dibawah ini adalah beberapa daftar makanan yang boleh dikonsumsi namun disesuaikan juga dengan usia sang anak, seperti yang dikutip dari vemale.com, yang bersumber dari babycenter.com.

1. Bayi yang berumur 4-6 bulan
Bayi pada usia ini hanya boleh diberikan air susu ibu atau susu formula saja. Makanan selain itu belum diperbolehkan.

2. Bayi yang berumur 4-12 bulan
Cairan seperti madu, susu sapi, dan susu kedelai tidak boleh diberikan untuk bayi usia ini. Karena didalam madu terkandung Clostridium botulinum yang akan berbahaya pada bayi, walaupun tidak berbahaya bagi orang dewasa.

Susu sapi dan susu kedelai belum dapat dicerna karena mengandung protein. Kandungan mineral yang terdapat pada susu sapi dan susu kedelai juga dapat menyebabkan ginjal sang bayi rusak, dan juga kandungan nutrisi yang didalamnya tidak memenuhi semua yang dibutuhkan oleh bayi.

3. Jangan berikan makanan yang membuat bayi tersedak
Jika memberikan makanan pada bayi, sebaiknya dipotong kecil-kecil terlebih dahulu agar tidak menyangkut pada tenggorokan. Hindari juga makanan yang berukuran kecil dan keras seperti permen, kacang. Makanan ini dapat menyangkut didalam saluran pernapasan.

Selalu perhatikan buah hati jika sedang memakan sesuatu. Perhatikan juga apakah ia memiliki alergi terhadap makanan tertentu atau tidak. Jadi pada lain waktu anda tidak memberikannya makanan tersebut kembali. Semoga bermanfaat ya sobat Hotmagz ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *