Dengan Teknologi, Mayat Kini Bisa Diubah Jadi Berlian

Ilustrasi SHUTTERSTOCK
Suatu perusahaan jasa pemakaman di Australia Selatan menghadirkan langkah baru untuk mengabadikan masa lalu pada anggota keluarga atau hewan peliharaan yang wafat dengan menyulap sampel rambut atau abu kremasi mereka jadi berlian serta perhiasan. 
Di tangan yang memiliki layanan komplit pemakaman Australia Selatan bernama In Memoriam Productions, Bill Yeo, jasa pembuatan berlian spesial adalah gal sempurna untuk melukiskan perubahan pada persepsi orang tentang pemakaman serta kematian. 
Orang-orang saat ini juga mulai melibatkan tehnologi untuk kembali mengenang beberapa orang tercinta. 
Sampel rambut atau abu dari anggota keluarga yang wafat bisa di kirim ke rumah pemakaman ini untuk diolah ke laboratorium di Finlandia. Disana, karbon yang sudah diekstrak tadi bakal digabung dengan karbon generik agar sesuai ukuran berlian dari permintaan pelanggan. 
Proses pengolahan berlian istimewa ini memakan waktu 90 hingga 120 hari. Yeo menyampaikan, mereka barusan merampungkan pesanan berlian pertama mereka mulai sejak menawarkan paket jasa ini berbentuk dua berlian yang terbuat dari abu seseorang wanita di Australia Barat untuk suami serta anaknya. 
Tiap-tiap berlian ini memerlukan 100 serta 200 gr abu kremasi. Dengan hal tersebut, abu kremasi masih tetap bakal tersisa serta bisa dipakai oleh anggota keluarga untuk prosesi tabur abu atau diletakkan di guci. 
Yeo menyampaikan, orang-orang bisa mulai berencana untuk membuat berlian kenangan tersebut, termasuk juga rencana biaya untuk pembuatan pusaka yang unik ini. 
Dana untuk pembuatan berlian pusaka ini sangatlah bergantung pada ukuran berlian yang di idamkan, dengan kisaran harga dari mulai 1. 000 dollar AS sampai kian lebih 22. 000 dollar AS untuk batu berlian dua karat. 
” Ini memanglah bukan type service pemakaman untuk kebanyakan orang. Ini disiapkan untuk beberapa orang yang suka pada ide serta rencana untuk mengerjakannya, serta hal semacam ini tentu bakal jadi kenangan bernilai untuk mereka, ” tuturnya. 
Yeo menyampaikan, mulai sejak mereka mulai tawarkan jasa ini pada direksi rumah pemakaman pada awal tahun lalu, kira-kira 80 % keinginan datang dari keluarga yang mau bikin batu berlian dari orang yang mereka cintai, serta 20 % pemesan yaitu yang memiliki hewan peliharaan yang mau bikin kenang-kenangan. 
” Saya pagi ini barusan terima pesanan berlian kenangan dari seseorang wanita yang mau membuat batu berlian dari salah satu abu kremasi anjingnya, ” tuturnya. 
  Saya sesungguhnya tak terpikir untuk bikin batu berlian dari hewan, namun sangatlah masuk akal bila ada orang yang punya niat bikin suatu hal yang bisa mereka gunakan, serta sekalian melindungi supaya masa lalu dengan orang atau hewan terkasih dapat terus dekat dengan mereka. ” 
Berlian sintetis awal mulanya di buat untuk kepentingan industri, yaitu juga sebagai alat serta peralatan pemotong. Uji coba pembuatan berlian sintetis ini diawali pada akhir 1800-an serta awal 1900-an sampai pada akhirnya terdaftar bahwa berlian sintetis pertama dihasilkan pada th. 1950-an. 
Pada dekade lalu, popularitas berlian sintetis semakin bertambah, serta pemakaiannya selalu meluas, bukan sekedar oleh kelompok industri, namun juga untuk bikin batu peringatan yang bisa dipesan sesuai sama apa yang diinginkan. 
” Dilain kesempatan, pembuat berlian sintetis juga menawarkan gas untuk berikan penambahan corak serta warna pada berlian, sesuai sama yang di idamkan, ” kata Yeo. 
Gas-gas ini dipakai untuk menghasilkan berlian berwarna kuning kehijauan, merah tua, maupun biru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *