Disiplinkan Diri Anda Dalam Penggunaan Teknologi Dengan Cara Ini

 
HOTMAGZ-Kecanduan teknologi membuat seseorang entah itu anak kecil ataupun orang dewasa menjadi orang yang anti-sosial. Kemajuan teknologi yang seharusnya membantu kehidupan kita sehari-hari, malah disalah gunakan dan akibatnya pengguna menjadi makhluk yang anti-social.
 
Bagaimana seseorang dapat berhenti dari kecanduan sebuah teknologi?
 
Menurut David Greenfield, PhD selaku psikolog dan pemilik Center for Internet and Technology Addiction di Hartford, Amerika Serikat seseorang dapat berhenti dari kecanduannya dengan mengubah gaya hidupnya terlebih dahulu. Berawal dari situ, kecanduan akan terhenti.
 
“Proses ini sama saja dengan periode detoks (penyerapan racun) dan bisa me-reset kerja sistem saraf. Dengan sendirinya akan terjadi perubahan perilaku akibat berkurangnya intensitas penggunaan teknologi dan proses identifikasi pola, yang bisa disiapkan kemudian masuk pada modifikasi pola perawatan,” jelas Greenfield seperti yang dilansir oleh Everyday Health.
 
Untuk orang yang sudah termasuk pecandu berat, tidak hanya sekedar itu langkah awalnya. Dokter sudah menyiapkan resep obat yang dibuat khusus untuk para pecandu akut. Namun selain cara diatas, dapat juga melakukan hal seperti dibawah ini.
 
Persiapkan diri Anda sebelumnya untuk satu hari tanpa ponsel. Mungkin Anda dapat lakukan ini pada hari libur. Jika Anda berhasil melakukan hal ini, sebaiknya lakukan kembali minggu-minggu berikutnya secara rutin.
 
Ketika seharian tanpa menggunakan ponsel, carilah kegiatan yang tidak melibatkan ponsel di dalamnya. Hobi Anda yang sempat terlupakan sebelumnya bisa Anda lakukan saat itu juga.
 
Buatlah jadwal kapan Anda harus melakukan aktivitas tanpa menggunakan internet dan gadget. Cara ini akan membuat diri Anda menjadi lebih disiplin dalam penggunaan teknologi.
 
Anda juga dapat memasang aplikasi yang dapat mengurangi rasa kecanduan Anda terhadap teknologi. Aplikasi ini seperti BreakFree atau Menthal yang dapat melacak penggunaan ponsel atau tablet anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *