Ditemukannya Lukisan Tertua Di Dunia Ada Di Indonesia

Lukisan Gua Di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
HOTMAGZ-Sebuah lukisan dapat dengan mudah kita temui dimana-mana tempat. Tapi tahukah Anda bahwa lukisan paling tua di dunia bisa kita temukan di Indonesia, dan memang asalnya dari negara kita ini. Beberapa lukisan kuno ini ditemukan para ilmuwan di gua yang terletak di wilayah Maros, Sulawesi Selatan, belum lama ini.
 
Tidak disangka keberadaan lukisan semacam ini bisa kita temukan di Indonesia. Karena biasanya lukisan-lukisan ini hanya dapat kita temui di Eropa bagian Barat. Dengan ditemukannya benda kuno ini, banyak orang dapat menilai seberapa orang Indonesia mampu berkreativitas.
Belum lama ini sebuah studi baru menyatakan bahwa sejak 40.000 tahun lalu nenek moyang Indonesia mulai menghasilkan karya seni. Yakni lukisan yang ditemukan di gua Indonesia tersebut diyakini sebagai lukisan tertua yang ada di dunia.
 
Namun dalam pembuatan lukisan tersebut bukanlah secara digambar menggunakan tangan, melainkan hanya menggunakan cat yang di lumuri pada tangan lalu ditempelkan ke tembok dan langit-langit dalam gua. Selain ditemukan di Indonesia, di Spanyol juga ditemukan lukisan yang bergambar cat tangan berwarna merah yang kira-kira usianya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia sekitar 40.800 tahun.
 
Di dalam gua Pont d’Arc yang terletak di Perancis juga terdapat lukisan gajah purba yang diiringi dengan cap telapak kaki manusia yang usianya sudah sekitar 30.000 tahun lamanya. Hasil karya kuno ini sudah masuk ke dalam daftar UNESCO sebagai warisan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *