Hati-hati, jangan instal fitur video call terbaru WhatsApp ada Malware

Posted on
Jika anda pengguna WhatsApp, sebaiknya waspada dengan jebakan malware berupa undangan untuk menginstal fitur terbaru WhatsApp dengan iming-iming kemampuan video call.
Saat ini WhatsApp memang sebagai salah satu aplikasi chatting yang paling terkenal dengan lebih dari 800 juta pengguna. Karena itu banyak pelaku kejahatan cyber yang memanfaatkan peluang untuk menyebar malware ke ratusan juta pengguna WhatsApp di seluruh dunia.
Diambil dari Softpedia (19/5), Sebuah kejadian scam diketahui sedang mewabah di pengguna WhatsApp dengan kedok berupa fitur video call. Modus kejahatan cyber ini adalah dengan mengajak pengguna untuk mengunduh update terbaru dari WhatsApp yang memiliki fitur baru berupa video call pada situs whatsappcalling(dot)co.
Sesudah masuk ke situs tersebut, pengguna WhatsApp diminta mengikuti petunjuk terkait proses verifikasi. Pengguna akan diminta untuk mengundang minimal 10 teman aktif di kontaknya atau mengirim undangan mengunduh fitur video call ini ke tiga grup WhatsApp.
Bila proses pertama tadi telah dilewati, maka pengguna dapat menginstal update aplikasi WhatsApp pengusung fitur video call ini beserta alamat situs untuk mendapatkan kode verifikasi. Tetapi sebenarnya aplikasi ini hanya tipuan saja. Malahan aplikasi ini ternyata berisi malware yang bisa mengambil data pribadi pengguna berupa seluruh daftar kontak yang ada di smartphonenya.
Oleh karena itu, pengguna aplikasi WhatsApp harus lebih waspada jika mendapat pesan baru dari teman atau nomor tak dikenal yang berisikan mengunjungi situs whatsappcalling(dot)co untuk mengunduh fitur video call untuk WhatsApp.
Sekarang ini, para pengembang WhatsApp belum menyediakan fitur video call untuk aplikasi chattingnya. Memang pengembang whatsapp sedang merencanakan penambahan fitur video call tapi sepertinya fitur ini tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang video wa hot, video call wa hot. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *