Inilah Bahaya Mengonsumsi Telur Bagi Kesehatan Tubuh

HOTMAGZ– Untuk sebagian orang, mungkin telur adalah makanan favorit. Berbagai cara olahan telur ayam yang membuat telur ini banyak digemari. Tapi, ternyata kandungan yang ada di dalam telur ini selain bermanfaat baik, bisa juga membahayakan kesehatan dan kecantikan.

Seperti apa bahayanya? Berikut adalah ulasannya menurut buku Vegan itu Sehat karya DR. Drs. Susianto, MKM.

1. Telur membahayakan Kesehatan

Menurut sebuah meta-analisis yang belum lama ini muncul dalam Astherosclerosis mengatakan bahwa telur dapat meningkatkan resiko terkenanya penyakit jantung dan diabetes. Seperti yang telah dilakukan dalam 14 penelitian menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi telur masing-masing 19 dan 68 persen meningkatnya risiko menderita jantung dan diabetes, daripada mereka yang jarang mengonsumsi telur. Bagi mereka yang menderita diabetes, risiko untuk menderita penyakit jantung meningkat 83 persen.

2. Makan Telur bisa dihubungkan dengan kanker

Seperti yang diungkapkan oleh National Institutes of Health Study, jika seseorang memakan telur sebanyak 2,5 butir setiap minggunya, akan menyebabkan pria mengalami sakit kanker prostat sebesar 81 persen. Dan bagi mereka yang sudah memiliki penyakit ini, jika ditambah dengan mengonsumsi unggas dan daging merah, akan terancam pada kematian.

3. Bahaya Kolesterol dalam Telur

Dalam satu butir telur per hari mengandung kolestrol yang jumlahnya lebih dari batas maksimal yang direkomendasikan oleh American Heart Association dan National Cholesterol Education Program. Mereka menyarankan agar mengonsumsi kolestrol hanya 200 miligram per harinya bagi orang yang dapat berisikp terkena kardiovaskular. Untuk para penderita jantung, berhenti memakan telur adalah sebuah hal yang penting namun dapat dikatakan terlambat.

4. Konsumsi Telur terkait dengan Risiko Diabetes

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 57.000 pria dan wanita dari dua percobaan yang dilakukan secara acak, peneliti dapat menyimpulkan bahwa konsumsi harian telur dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Konsumsi telur setiap harisnya dapat dihubungkan meningkatnya risiko diabetes untuk perempuan dan laki-laki masing-masing 77 dan 58 persen.

Itulah 4 bahaya jika terus mengonsumsi telur. Jadi, ada baiknya para Sobat Hotmagz memperhatikan apa yang Anda makan ya..

(Liputan6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *