Inilah Beberapa Kosa Kata Bahasa Ala Minion, Ada Bahasa Indonesia Juga Loh!

Posted on
Sumber Kompas
Hotmagz – Sejak kesuksesan Film Despicable Me pertama dan kedua karakter Minion semakin populer dan digemari banyak orang. Mungkin itulah alasan dibuatnya prekuel atau spin off dari Despicable Me dengan judul Minions.
Film Minions sendiri saat ini sedang menghibur para penonton  Indonesia terhitung sejak Selasa (17/5/2015). Kelucuan para karakter minion yang juga menggemaskan tentu merupakan daya tarik utama bagi para penonton film ini, apalagi anak-anak. Salah satu faktor kelucuan dari karakter minion itu juga karena bahasa yang digunakan oleh para minion. 
Pada film Minions, beberapa kosa kata di bahasa mereka yaitu Minionese, telah dikenal oleh para fans lewat dua film Despicable me. Contohnya yang paling mudah ddingat adalah, banana, yang artinya pisang, atau bello yang memiliki arti hello. Dan beberapa kosa kata baru yang ditambahkan. 
Pada sebuah wawancara dengan VOA Indonesia pada saat film Despicable Me 2 dilaunching dua tahun silam, Sang Sutradara ketiga film minion bernama Pierre Coffin juga sekaligus kreator karakter minion, berujar bahwa bahasa yang dipakai oleh para minion terinspirasi dari berbagai bahasa yang dikenal oleh para penonton. 
“Bahasa minion adalah campuran berbagai bahasa yang saya sukai, seperti Spanyol, Italia, Inggris, Indonesia, dan juga Yunani. Sebenarnya, yang ditekankan adalah sonority atau resonansi suaranya. Bahasa minion tidak bisa dimengerti, tapi diketahui dari bagaimana suaranya, proyeksinya, bagaimana membaca kalimatnya, karena semua sudah saya tulis. Yang utama adalah penyampaiannya, bukan arti kata-katanya,” ujar Pierre. 
Lalu apakah ada bahasa Indonesia di Minionese? Tentu saja ada. Pierre sendiri yang merupakan seorang warga negara Perancis, memang merupakan anak dari Yves Coffin, yang berkebangsaan Perancis, tetapi juga sekaligus anak dari penulis novel NH Dini, yang ternyata warga negara Indonesia, hal inilah yang menginspirasi dirinya untuk menambahkan kosa kata indonesia di Minionese.
“Menurut saya, bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat indah, seperti alunan musik. Ketika saya menyuarakan (mengisi suara) minions (para minion) dalam film Despicable Me, saya menggunakan berbagai bahasa, setiap kata-kata lucu saya gunakan dengan cara menarik, mungkin Anda mendengar saya menggunakan kata-kata ‘terima kasih’,” terang Pierre. 
Lalu kata-kata bahasa indonesia apa saja sih yang dimasukan Pierre pada film Minions ini? Silahkan sobat simak beberapa kata-kata Minionese berikut ini:
Kata-kata berikut merupakan kata yang diucapkan para minion beserta arti kata-kata itu:
bello! – hello 
banana – pisang 
tank you – terima kasih 
bable – apple
boss! – bos 
puka! – pukul! 
budies! – teman-teman 
kome – come (ayo) 
matoka – ingin makan, lapar
look at that one! – lihat yang itu 
look at you – lihat dirimu 
kepaso? – ada apa? 
kemari – kemari 
stoppa! – berhenti! 
si! – ya 
me – saya 
kumbaya – hore! 
le boss – bos 
la mega ukulele – gitar 
betime pori – bed time story (dongeng sebelum tidur) 
la crona – crown (mahkota) 
tre – three (tiga) 
uno – satu 
la king – king (raja) 
para tu – for you (untukmu) 
puci – tikus 
borry – sorry (maaf) 
sayonara – selamat tinggal 
teli – televisi 
makalo – tak apa 
looka! – look (lihat) 
gracias – terima kasih 
paduka raja – raja (king) 
poopaye – goodbye 
tulalilo ti amo – we love you 
tatata bala tu – I hate you 
pooka – apa.
Sumber : http://entertainment.kompas.com/read/2015/06/19/1933025/Bahasa.Para.Minion.dari.Spanyol.hingga.Indonesia
Terima kasih telah membaca artikel tentang bahasa minion, Kata kata minion. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *