Inilah Pohon Tertua Sedunia

Posted on
Hotmagz- Baru-baru, muncul meme yang menyatakan bahwa pohon paling tua di dunia berada di Swedia.
Tes radiokarbon memperkirakan usia pohon jenis spruce ini mencapai 9.550 tahun. Meme satir itu lalu mengklaim pohon ini bahkan jauh lebih tua dari perkiraan ilmuwan Injil yang mengatakan banjir besar yang terjadi di zaman nabi 
Nuh terjadi pada 1656 sebelum masehi.
Pertanyaannya, apakah pohon itu benar-benar ada? Majalah National Geographic memastikan pohon itu memang tumbuh di Provinsi Dalarna, dan berada di dataran tinggi setempat.
Menurut Universitas Umea Batang Pohon ini baru berusia puluhan tahun, Tetapi untuk akarnya memang masih hidup sejak 10 ribu tahun lalu.
“Ketika ada bagian akar yang mati, sudah ada jaringan baru dari akar yang sama,” ucap Leif Kullman, guru besar ekologi dan lingkungan Universitas Umea.
Kendati begitu, ilmuwan sedunia belum sepakat bahwa pohon yang biasanya digunakan sebagai pohon natal ini sebagai pohon paling tua sedunia.
Sejauh ini para pakar pohon baru bersepakat bahwa pohon paling tua adalah pohon pinus yang berada di california. Pohon jenis bristlecone di AS itu secara ilmiah dipastikan berusia 5 ribu tahun lebih.
sumber : http://www.merdeka.com/dunia/ini-pohon-tertua-sedunia-tumbuh-sebelum-banjir-era-nabi-nuh.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *