Inilah Rumah Tersempit di Dunia

Posted on
Titik tersempit rumah tersebut hanya 36 inci atau setara dengan 0,91 meter. Sedangkan titik terlebar rumah tersebut berukuran 48 inci atau setara 1,21 meter 
Rumah Keret yang didaulat juga sebagai rumah paling sempit sedunia. Rumah tersebut terletak di ruangan sempit pada dua gedung di Warsawa, Polandia. Titik tersempit rumah itu cuma 36 inci atau setara dengan 0, 91 meter. Sedang titik terlebar rumah itu memiliki ukuran 48 inci atau setara 1, 21 meter. 
Alhasil, rumah itu cuma cukup berisi 1 orang untuk mondar-mandir. Seperti dikutip dari Oddity Central, Jumat (23/1/2015), rumah unik itu adalah ide dari penulis sekali sutradara asal Israel, Etgar Keret. 
Nah, ruangan sempit pada dua gedung itu diketemukan 6 tahun yang lalu oleh seorang arsitek Polandia, Jakub Szczesny. Szczesny mengerti ruangan sempit itu cukup ideal untuk di bangun suatu rumah. Jadi, dia mengambil keputusan untuk meneruskan gagasannya serta membangun rumah sempit tersebut. 
Menurut Szczesny, cukup susah mendesain ruang untuk rumah dalam ruangan yang sangatlah terbatas itu. Tetapi, tantangan sesungguhnya yaitu permasalahan kepemilikan, regulasi gedung serta pembiayaan. Mujur, Szczesny mempunyai dana 70, 000 euro atau nyaris Rp 1 miliar untuk proyek itu serta mengawali pembangunan dengan menggandeng Organisasi Seni Polandia.
Giana unik kan rumah sempit ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *