Inilah Si Cacing Natal


Hotmagz– Cacing yang di beri nama spirobranchus giganteus ini lebih di kenal sebagai Cacing pohon Natal. Cacing ini di beri nama cacing pohon natal lantaran bentuknya yang mirip dengan pohon cemara yaitu pohon yang biasa di gunakan untuk membangun pohon natal.
Dilansir dari Amusing Planet, Cacing pohon natal ini berada di dasar laut dan mempunyai bulu-bulu yang membentuk spiral di tubuhnya dan menyerupai pipa.Bulu-bu;unya yang tipis itu disebut radioles yang mempunyai fungsi untuk membantu hewan menangkap makanan.
Cacing ini memakan tanaman mikroskopis atau phytoplankton yang mengambang di air. dan bulu-bulunya juga berfungsi sebagai alat pernafasan.
Cacing natal ini mempunyai ukuran yang tak sampai 4cm, tapi mereka menarik perhatian karena warna-warnanya yang memang beragam seperti oranye kuning biru dan putih.
Cacing ini tak banyak bergerak karena saat ia sudah menemukan terum karang ia akan tinggal di sana sampai akhr hidupnya. dan cacing natal ini hanya sesekali muncul di permukaan untuk menangkap plankton yang lewat.
Saat mereka tahu ada gangguan yang datang mereka akan dengan cepat masuk kembali ke dalam lubang.
Cacing natal ini memiliki habitat di laut tropis, dan cacing natal juga merupakan spesies yang menyebar populasinya sehingga belum ada upaya pelestarian terhadap si cacing natal ini.
sumber : http://global.liputan6.com/read/2400655/cacing-unik-mirip-pohon-natal
Terima kasih telah membaca artikel tentang pohon mirip kontol. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *