Iris Bawang Tanpa Pedih? Lakukan Cara Ini!

 
HOTMAGZ-Menangis karena mengiris bawang merah bukanlah hal yang aneh bagi Anda yang suka masak. Walaupun sudah menjadi hal yang biasa, namun ini adalah hal yang bisa membuat kesal.
 
Ketika bawang diiris, terutama bawang merah dapat mengeluarkan reaksi kimia yang dapat membuat mata menjadi iritasi. Dan dapat membuat mata anda menjadi seperti menangis.
 
Tapi tentu saja ada solusinya untuk mengatasi masalah ini, seperti yang dikutip dari Thekitchn, Senin (13/10):
 
1. Pakailah pisau yang tajam

Sebelum mulai mengiris bawang, pastikan terlebih dahulu pisau yang digunakan tidak tumpul. Karena jika pisaunya tumpul, ini akan membuat dinding sel yang berada di dalam bawang merah menjadi rusak. Dan jika itu rusak, akan menimbulkan reaksi kimia yang dapat membuat mata iritasi.
 
2. Ada jarak antara Anda dengan talenan pemotongan
Pastinya Anda membuat jarak di antara talenan pemotongan dengan mata Anda karena takut terkena cairan dari dalam bawang merah. Jika posisi mata terlalu dekat dengan bawang dapat juga membuat mata Anda pedih. Potonglah bawang berbentuk dadu dengan cepat.
 
3. Irislah dengan benar
Irislah dengan benar,ini akan mengurangi resiko mata anda terasa pedih. Tapi jangan lupa juga untuk menjauhkan tangan dari pisau agar tidak terluka. Perhatikan arah pemotongan, usahakan jangan mengiris dari dua arah.
 
4. Dinginkan Bawang
Buatlah bawang menjadi dingin, karena pada saat bawang menjadi dingin, ini akan mengurangi keberadaan propanethal S-oksida di dalamnya dengan cara menguap. Sehingga kemungkinan iritasi menjadi lebih kecil.
 
5. Dekatkan dengan ruang terbuka
Jika Anda mengiris bawang di dekat tempat yang mengeluarkan panas, ini akan mengurangi kadar panas juga dari dalam mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *