Jepang Luncurkan E-Book Etika Makan Karena Turis China



Hotmagz- Negara Jepang memang sangat menjunjung tinggi etika, oleh karenanya salah satu sekolah di Jepang, Ogasawara tahun ini membuat buku elektronik paduan makan secara sopan dan benar. Buku ini ditujukan untuk para turis, khususnya turis dari China.
Buku elektronik tersebut dibuat dalam dua versi bahasa, Jepang dan Inggris. Buku versi Inggris berjudul “Buku Etika untuk Washoku, Makanan ala Jepang, oleh Ogasawara” ini memang dikhususkan untuk turis asal China. Karena menurut orang Jepang, para turis China adalah turis yang terburuk dalam beretika atau tak punya etika sama sekali.
Alasan buku elektronik itu dibuat lantaran sempat ada restoran sushi yang menolak pesanan dari turis china dikarenakan sebelum kejadian tersebut berlangsung sejumlah turis China meninggalkan pesanan mereka begitu saja tanpa membayar.
Dikutip dari laman Shanghaiist, Senin (6/7), buku tersebut ditulis beberapa pakar etika dari sekolah Ogasawara di Jepang. Sekolah tersebut terkenal dengan ritual kuno Jepang yang saat ini menjadi standar etika di Negeri Matahari Terbit tersebut.
Selain tulisan, buku pedoman elektronik itu dilengkapi animasi sehingga para turis lebih jelas akan maksud tata cara makan tersebut.
Berikut beberapa hal etika makan yang harus diikuti jika tidak mau disebut tidak sopan:
1. Jangan memegang tepi mangkuk ketika hendak minum sup. Peganglah bagian bawah mangkuk tersebut.
2. Jangan mengambil bahan makan saat minum sup.
3. Jangan menjilati sumpit dan gunakan satu tangan saat memegang sumpit.
4. Jangan ke kamar kecil ketika sedang makan. Habiskan dahulu makanan Anda.
5. Jangan terlambat jika sudah memesan tempat, dan makanlah ketika semua orang yang semeja dengan Anda telah datang.
sumber : http://www.merdeka.com/dunia/gara-gara-turis-china-jepang-rilis-e-book-panduan-etika-saat-makan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *