Wow, Luar Biasanya Penawaran Terhadap Mobil Tua Milik Presiden Ini

Posted on
Jose Mujica (The Guardian)
HOTMAGZ– Tahukah Anda siapa presiden termiskin di dunia? Ya, dia adalah Jose Mujica, pria yang berumur 79 tahun yang hidup dalam segala kesederhanaannya. Tanpa ada harta yang melimpah.

Seperti yang dilaporkan tahun lalu, total kekayaan Mujica hanya sebesar Rp 20,8 juta. Itu juga adalah nilai dari mobil tua yang ia miliki, Volkswagen Beetle keluaran tahun 1987. Tapi pada laporan awal tahun ini, dirinya menambahkan jumlah kekayaan sang istri dalam harta pejabat negara. Hingga jumlahnya naik drastis menjadi 2,4 miliar. Namun kenaikan yang drastis ini, tidak mengubah status Mujica sebagai presiden termiskin. Karena dengan jumlah harta yang ia miliki sekarang, dianggap masih terlalu sedikit untuk kalangan presiden di sebuah negara.

Mobil tua yang menjadi benda paling berharga bagi Mujica itu telah ditawar dengan seseorang dengan harga yang cukup tinggi. Seperti yang dilansir dari The Guardian, yang berani menawar mobil Mujica dengan harga tinggi mencapai US$ 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar itu adalah seorang sheik dari Jazirah Arab.

Identitas saudagar asal Arab yang berani menawar dengan harga tinggi tersebut dirahasiakan identitasnya. Dan tawaran tersebut diajukannya pada pertemuan puncak G77+China di Santa Cruz, Bolivia, awal tahun ini.

Mujica bisa dibilang sebagai tokoh yang luar biasa. Waktunya ia habiskan untuk mengurus persoalan negara, namun ia tidak serakah dalam masalah uang, dirinya tidak pernah mengambil gaji secara penuh. Ia menggunakan 90 persen dari gaji satu bulannya atau sekitar Rp 138.972.000 itu untuk perbuatan amal. “Saya mungkin terlihat seperti pria tua yang eksentrik. Tapi inilah pilihan,” tutur Mujica yang dikutip dari laman BBC.

Jadi, dalam satu bulannya Mujica hanya menerima 10 persen dari gajinya, atau hanya sekitar Rp 8,9 juta. Nominal tersebut setara dengan rata-rata pendapatan warga Uruguay. Dan 90 persennya ia berikan kepada mereka yang membutuhkan.

(Dream)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *